search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Pj Gubernur Sulsel Serahkan Bantuan Mesin Perajang Pisang untuk Warga Mare

doelbeckz - Pluz.id Kamis, 14 Maret 2024 09:00
PENYERAHAN. Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, menyerahkan bantuan satu unit alat perajang pisang bagi masyarakat di Kecamatan Mare, Kabupaten Bone, Rabu (13/3/2024). foto: istimewa
PENYERAHAN. Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, menyerahkan bantuan satu unit alat perajang pisang bagi masyarakat di Kecamatan Mare, Kabupaten Bone, Rabu (13/3/2024). foto: istimewa

PLUZ.ID, BONE – Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, menyerahkan bantuan satu unit alat atau mesin perajang pisang bagi masyarakat di Kecamatan Mare, Kabupaten Bone.

Penyerahan dilakukan di sela peninjauan lahan budidaya pisang Cavendish di Desa Batugading, Rabu (13/3/2024).

Alat pencacah ini, diciptakan Politeknik Akademik Teknik Industri (ATI) Makassar. Mesin ini mampu mengolah pisang 150-200 Kilogram (Kg) per jam.

Kepala Pelaksana Harian (Plh) Kepala Dinas PMD Provinsi Sulsel, Andy, mengatakan, penyerahan bantuan ini, merupakan salah satu upaya pemerintah provinsi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. Salah satunya, dengan memberikan bantuan bibit dan juga alat produksi.

“Untuk Kecamatan Mare ini, untuk masyarakat yang memiliki usaha kripik pisang kita berikan alat pencacah atau perajam pisang yang lebih modern, bekerja sama dengan Akademi Teknik Industri Makassar,” katanya.

Dengan adanya bantuan ini, ia yakin akan memudahkan para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) keripik pisang untuk lebih bisa mempercepat dan memperbanyak produksi, karena sudah menggunakan listrik dan alatnya juga sederhana tepat guna.

“Tentunya masyarakat pemakai nanti bisa produksi dan kualitasnya bisa lebih bagus. Insya Allah, ke depan ini bisa meningkatkan taraf hidup kelompok yang menerima bantuan tersebut,” ujarnya.

Camat Mare, Andi Muhammad Hidayat Pananrangi, saat menerima bantuan tersebut menyatakan rasa syukurnya.

“Kami bersyukur dan berterima kasih kepada Bapak Gubernur dengan berbagai macam bantuan yang diberikan,” ucapnya.

Pada kesempatan ini, juga diserahkan berbagai jenis bibit hortikultura, seperti semangka.

“Ini akan kita alokasikan ke masing-masing desa berdasarkan kebutuhan lahan, karena ada berbagai macam lahan,” jelasnya.

Diketahui, Kecamatan Mare merupakan lokasi pembibitan pisang Cavendish. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top