search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Etos Politica: Peluang Danny Pomanto di Pilgub Sulsel Sangat Besar

doelbeckz - Pluz.id Minggu, 24 Maret 2024 23:57
Kaslan. foto: istimewa
Kaslan. foto: istimewa

PLUZ.ID, MAKASSAR – Hasil survei nama-nama yang berpotensi maju dan punya kans yang besar untuk memenangi Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulsel November 2024 mendatang kini dirilis berbagai lembaga survei, seperti ARCHI Research and Strategy dan PT IPI Indonesia, dan lainnya, baru-baru ini.

Nama-nama yang sudah tidak asing, seperti Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto, Bupati Gowa Adnan Purichta Yasin Limpo, mantan Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, mantan Walikota Makassar Ilham Arief Sirajuddin, Ketua Nasdem Sulsel Rusdi Masse, dan Ketua Gerindra Sulsel Andi Irwan Aras, serta Nurdin Halid disinyalir punya peluang besar untuk dimajukan sebagai calon Gubernur Sulsel 2024-2029.

Survei baru-baru ini, juga memotret nama-nama pendatang baru, seperti Fadil Imran dan Amran Sulaiman juga masuk dalam barisan nama-nama yang punya kans besar maju sebagai calon Gubernur Sulsel 2024-2029 mendatang.

Peneliti sekaligus Pengamat Politik Etos Politica, Kaslan, mengungkapkan, dari sekian nama-nama yang terpotret lembaga survei dikatakannya semua memiliki kesempatan dan kenaikan elektabilitas yang sama. Namun, nama-nama tersebut belum bisa menjadi acuan akan menjadi bakal calon Gubernur Sulsel.

“Kalau kita amati, persentase tingkat elektabilitas nama-nama yang muncul pada dua lembaga survei, Archi dan PT IPI punya korelasi dengan kerja-kerja politik pada pilcaleg (Pemilihan Legislatif) dan Pilpres 2024, 14 Februari lalu,” kata alumni Magister Politik Universitas Nasional ini, dalam keterangannya kepada wartawan, Minggu (24/3/2024).

Kaslan mengatakan, meski demikian potret tersebut belum bisa menjadi acuan untuk menjadi tolak ukur siapa pemenang Pilgub Sulsel, November 2024 mendatang.

“Pertama nama-nama tersebut belum tentu benar-benar ingin maju sebagai gubernur. Misalnya, ada nama Mentan Andi Amran Sulaiman. Kita tidak yakin Pak Amran benar benar akan maju, bisa jadi hanya ingin cek ombak untuk adiknya,” kata Kaslan.

Kedua, pilihan Calon Wakil Gubernur (Cawagub) dan dukungan partai politik belum muncul secara terang-terangan mendukung siapa di Pilgub Sulsel nantinya.

Yang menarik, kata Kaslan, adalah masuknya nama Danny Pomanto dalam berbagi potret survei politik yang menempatkan nama Danny di jajaran teratas.

“Padahal, kalau kita amati beliau belum menyatakan sikap dan belum melakukan sosialisasi secara massif di daerah dibanding dengan nama-nama lain yang balihonya sudah bertebaran dimana-mana,” ujarnya.

Sehingga, kata Kaslan, jika nantinya Danny sudah terang benderang dan menyatakan sikap untuk maju dan mulai membentuk tim di lapangan, maka tentu sangat berpotensi menaikkan elektabilitas.

“Ini yang mesti diwaspadai kandidat lain. Apalagi, Danny Pomanto punya pengalaman politik di Makassar. Bagaimana ia mampu menjadi tokoh di balik kemenangan kotak kosong dan perlawanan terhadap koalisi 10 partai besar,” paparnya.

Kaslan menilai, meski Danny akan didukung PDI Perjuangan di Pilgub Sulsel mendatang, namun pilihan melalui jalur independen tentu juga sangat berpotensi jadi pilihan.

“Danny punya pengalaman menggerakkan grasroot atau angkar rumput, terutama di Kota Makassar saya kira bagi Pak Danny bukan hal yang sulit untuk mendapatkan dukungan independen,” katanya.

Apakah nantinya Danny maju melalui jalur partai politik atau independen, Kaslan menilai, hal itu tergantung kemampuan dan perhitungan Danny menarik simpati partai politik dan elektabilitas.

“Saya kira pertimbangan elektabilitas juga akan menjadi acuan partai politik untuk mendukung Danny. tentu yang melirik sudah banyak,” ungkap Kaslan.

Seperti diketahui, Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, kini berencana menyebar baliho dirinya untuk melihat elektabilitasnya.

Rencana itu, kini sedang dimatangkan Danny bersama timnya.

Danny mengatakan, baliho dirinya akan mulai disebar di seluruh daerah Sulsel setelah Lebaran Idulfitri nanti. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top