search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Danny Pomanto Dukung Rencana Pendataan Potensi Kelurahan BPS

doelbeckz - Pluz.id Selasa, 23 April 2024 14:51
AUDIENSI. Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto menerima audiensi Kepala BPS Makassar Abdul Hafid di Jl Amirullah, Kota Makassar, Selasa (23/4/2024). foto: istimewa
AUDIENSI. Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto menerima audiensi Kepala BPS Makassar Abdul Hafid di Jl Amirullah, Kota Makassar, Selasa (23/4/2024). foto: istimewa

PLUZ.ID, MAKASSAR – Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, merespon positif rencana pendataan potensi desa/kelurahan yang akan dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS) Makassar, Mei 2024 mendatang.

“Ini bagus sekali dan kami akan mendukung apa yang menjadi kebutuhan BPS di lapangan. Kami support penuh,” ungkap Danny Pomanto di sela-sela audiensi bersama BPS Makassar di Jl Amirullah, Kota Makassar, Selasa (23/4/2024).

Sementara, Kepala BPS Makassar, Abdul Hafid, mengatakan, pendataan potensi desa/kelurahan dilakukan untuk mendapat basis data kewilayahan berbasis pemerintahan dari wilayah terkecil, yaitu desa/kelurahan.

“Ini dilakukan untuk mendukung perencanaan dan evaluasi pembangunan guna peningkatan kesejahteraan masyarakat setiap desa dan kelurahan,” katanya.

Abdul Hafid menjelaskan, ada beberapa data yang dibutuhkan dalam survei tersebut. Diantaranya, data soal kependudukan, tenaga kerja, pendidikan, budaya, sosial, dan ekonomi.

“Pendataan kita lakukan selama sebulan, mulai 1 Mei. Tapi mudah-mudahan bisa lebih cepat dari itu, semoga berjalan lancar dan data-data yang kita butuhkan diperoleh dengan lengkap,” tuturnya.

Selain rencana ini, Abdul Hafid juga melaporkan data BPS perihal pertumbuhan ekonomi Kota Makassar yang terus tumbuh positif di angka 5,31 persen, di atas Sulsel 4,51 persen, dan nasional 5,05 persen.

Begitu pun dengan inflasi Kota Makassar pada periode Maret 2024 yang terkendali, meski dalam suasana Lebaran Idulfitri 1445 Hijriah, yaitu 2,43 persen. Inflasi Makassar lebih rendah dari Sulsel 2,75 persen dan nasional 3,05 persen.

“Tentu saja itu merupakan sesuatu upaya yang menunjukkan adanya pengendalian yang cukup bagus pemerintah kota, sehingga inflasi dapat diatasi dengan baik meski masih dalam suasana Idulfitri yang biasanya harga-harga pada meningkat, tapi Alhamdulillah pada Maret 2024 inflasi Kota Makassar masih cukup terkendali dengan 2,43 persen,” tutupnya. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top