search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

World Water Forum 2024, Danny Pomanto: Momentum Jalin Keakraban Antar Negara Sahabat

doelbeckz - Pluz.id Senin, 20 Mei 2024 09:00
WWF 2024. Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto memenuhi undangan khusus dari Presiden Joko Widodo menghadiri World Water Forum (WWF) ke-10 2024 di Bali. foto: istimewa
WWF 2024. Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto memenuhi undangan khusus dari Presiden Joko Widodo menghadiri World Water Forum (WWF) ke-10 2024 di Bali. foto: istimewa

PLUZ.ID, BALI – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto memenuhi undangan khusus dari Presiden Joko Widodo menghadiri World Water Forum (WWF) ke-10 2024 di Bali.

Orang nomor satu di Kota Makassar ini, tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan untuk bisa bertemu dan bersilaturahmi dengan para pemangku kepentingan dari berbagai negara.

Apalagi, Danny menjadi satu-satunya wali kota di Indonesia yang diundang menjamu para peserta WWF ke-10 pada Welcoming Gala Dinner di Garuda Wisnu Kencana, Bali, Minggu (19/5/2024).

Selain menjadi ajang silaturahmi, forum ini juga merupakan ruang diskusi untuk merumuskan beragam kebijakan perihal manajemen tata kelola air yang sudah menjadi perhatian global.

Terlebih banyak pemangku kebijakan yang hadir. Diantaranya, Presiden Sri Lanka Ranil Wickremesinghe dan Presiden Fiji Wiliame Katonivere.

Juga hadir di forum International tersebut yakni Perdana Menteri Tajikistan Kokhir Rasulzoda, Wakil Perdana Menteri Papua Nugini John Rosso, dan mantan Presiden Hongaria Janos Ader.

“Ini kesempatan luar biasa, kita bisa saling sharing tentang banyak hal dengan mereka orang-orang hebat yang hadir di forum ini. Khususnya soal isu tata kelola air secara global,” kata Danny.

Forum Internasional ke-10 ini, mengusung tema ‘Water Shared for Prosperity’. Yang mana ada empat hal yang menjadi fokus pembahasan.

Diantaranya, yaitu konservasi air (water conservation), air bersih dan sanitasi (clean water and sanitation), ketahanan pangan dan energi (food and energy security).

Ini juga menjadi peluang bagi Pemerintah Kota Makassar untuk lebih dekat dengan negara-negara sahabat sehingga ke depan ada potensi yang bisa dikerjasamakan.

“Isu-isu seperti ini juga menjadi konsen kita di Makassar,” tuturnya.

Diketahui forum yang diprakarsai World Water Council (WWC) menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah dan akan diadakan di Denpasar-Bali pada 18-25 Mei 2024.

Sedangkan untuk opening ceremony World Water Forum ke-10 dan High Level Meeting akan diselenggarakan di Bali International Convention Center (BICC) dan dibuka Presiden Jokowi.

Pada WWF 2024, Danny juga diberi kesempatan untuk mempresentasikan peran Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar dalam membangun kota cerdas dan berketahanan.

Termasuk juga akan memberi pandangan dan masukan terkait isu-isu yang dibahas. Di mana, pemerintah daerah menjadi garda terdepan dalam hal mengatasi tantangan soal air. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top