search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Pemprov Sulbar Melihat Langsung Sentra Pembibitan Sukun di Bone

doelbeckz - Pluz.id Minggu, 26 Mei 2024 14:38
KUNJUNGAN. Pj Gubernur Sulbar Bahtiar Baharuddin didampingi Sekda Provinsi Sulbar Muhammad Idris dan jajaran Pimpinan OPD mengunjungi lokasi pembibitan pohon sukun di Bone. foto: istimewa
KUNJUNGAN. Pj Gubernur Sulbar Bahtiar Baharuddin didampingi Sekda Provinsi Sulbar Muhammad Idris dan jajaran Pimpinan OPD mengunjungi lokasi pembibitan pohon sukun di Bone. foto: istimewa

PLUZ.ID, BONE – Kabupaten Bone merupakan salah satu penghasil sukun terbesar di tanah air.

Bahkan, sukun dari Bone dikenal sebagai yang terbaik di Sulsel. Varietas sukun di Bone adalah sukun kecil (sukun kuning), sukun gundul, dan sukun medium.

Saat menjabat di Sulsel, Bahtiar Baharuddin tetap mendorong masyarakat di Sulsel untuk menanam sukun.

Bahkan, di Kabupaten Bone sendiri, Bahtiar bermaksud untuk menjadikan sebagai daerah Sentra Penghasil Sukun. Saat di Sulsel Bahtiar mencanangkan penanaman sukun hingga 3 juta pohon.

Sementara, pada hari kedua Pj Gubernur Sulbar, Bahtiar Baharuddin, mengajak Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulbar ke lokasi pembibitan pohon sukun di Bone.

Hadir juga Sekda Provinsi Sulbar, Muhammad Idris, dan jajaran Pimpinan OPD.

“Hari ini saya datang ke sini saya bawa jajaran Pemprov Sulbar, secara administrasi pindah tempat tapi jiwanya tetap di sini. Saya tidak akan pernah berhenti kapanpun, saya tetap menghibahkan diri untuk seluruh daerah. Selalu saya sampaikan Sulbar dan Sulsel itu berbeda administrasi provinsinya, tapi tanahnya baku sambung, manusianya dan alamnya baku sambung. Jadi tidak pernah terpisah itu,” kata Bahtiar.

Ia menambahkan, pembibitan sukun ini, sudah bersertifikat yang tentunya akan dikembangkan juga di Sulbar.

“Bahkan, di Indonesia hanya kita yang punya ini pembibitan sukun di Sulawesi. Nanti kami akan melakukan pembibitan juga di Sulbar,” katanya.

Tim akan bergerak yang sudah dibentuk dan akan diajari pengembangan pohon sukun agar lebih banyak lagi di Sulbar.

“Nanti akan diajari langsung lewat kerja sama. Nanti masyarakat bisa menanam dan membibit sendiri ke depan,” bebernya.

Pemilik pembibitan pohon sukun di Bone, Yusuf, mengatakan, lokasi ini bukan hanya sekedar pengembangan, tetapi lebih pada proses pembelajaran dan pemberdayaan.

“Mereka sudah tahu pemberdayaan dan pembibitan khususnya tanaman sukun ini. Khusus di Bone ini, kami kembangkan dua jenis sukun, yaitu sukun Toddopuli dan sukun Padaidi,” ucapnya.

Menurutnya, kalau sukun Toddopuli pohonnya tegak lurus kayak pohon cemara bisa sampai 30 meter. Kalau sukun Padaidi melebar.

“Jadi kedua pohon sukun ini dasarnya baik dikembangkan, kalau segi buah sukun Toddopuli agak lonjong memanjang dan kalau sukun Padaidi dia agak bundar,” jelasnya. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top