search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

RSUD Regional La Mappapening Bone Capai Target Pendapatan 200 Persen

doelbeckz - Pluz.id Minggu, 26 Mei 2024 09:00
AUDIENSI. Manajemen RSUD Regional La Mappapening Bone melakukan audiensi ke Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel, Zudan Arif Fakrulloh, di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Sabtu (25/5/2024). foto: istimewa
AUDIENSI. Manajemen RSUD Regional La Mappapening Bone melakukan audiensi ke Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel, Zudan Arif Fakrulloh, di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Sabtu (25/5/2024). foto: istimewa

PLUZ.ID, MAKASSAR – Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Regional La Mappapening Bone melakukan audiensi ke Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel, Zudan Arif Fakrulloh, di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Sabtu (25/5/2024).

Tujuannya melaporkan layanan dan kinerja rumah sakit serta pendapatan rumah sakit milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel yang ada di Kabupaten Bone ini. Demikian juga masukan dari Pj Gubernur Sulsel

Direktur RSUD Regional La Mappapenning Bone, Erwan Tri Sulistyo, mengatakan, pelayanan unggulan di rumah sakit, diantaranya pelayanan kesehatan ibu dan anak, juga penanganan penyakit dalam, pelayanan anak, pelayanan kandungan, serta pelayanan THT dan mata.

“Baru-baru ini kita tambah dengan dokter spesialis jantung. Jadi termasuk dengan dokter syaraf juga sudah kita miliki di situ,” sebutnya.

Penambahan layanan inilah yang menjadikan penambahan pendapatan rumah sakit ini naik.

“Secara umum memang Rumah Sakit Lamappapening adalah rumah sakit, pendapatan belum bisa kita prediksi berapa pendapatan kita. Tahun 2024 ini sudah 200 persen dari target awal Rp2,5 miliar, kita mencapai Rp5 miliar,” ujarnya.

“Tadi Pak Gubernur juga mengapresiasi pendapatan ini,” tambah Direktur Rumah Sakit.

Adapun pendapatan pasien rata-rata yang dilayani 40-50 pasien. Sedangkan, rawat inap sekitar 30-40 pasien. Adapun total pasien setiap bulannya 1.500 pasien.

Ia berharap, dengan jumlah peningkatan pasien ini pelayan yang diberikan bisa jauh lebih baik lagi.

“SDM (Sumber Daya Manusia) di sana memberikan layanan terbaik bagi masyarakat di seputaran Kabupaten Bone dan sekitarnya. Termasuk Soppeng, Maros, Sinjai, dan Maros sebagai rumah sakit regional,” jelasnya.

Rumah sakit yang terletak di Desa Mappesangka, Kecamatan Ponre, Kabupaten Bone ini, telah diresmikan 22 Agustus 2023.

Letaknya yang jauh dari Kota Makassar dan ibu kota kabupaten diharapkan mampu menjadi alternatif rujukan bagi masyarakat yang ingin mendapatkan layanan kesehatan yang berkualitas dan terjangkau.

Hadirnya rumah sakit ini didukung dengan sumber daya manusia yang berkompeten dan profesional, serta didukung dengan sarana dan prasarana yang canggih dan mumpuni setara fasilitas rumah sakit internasional. Meski berstatus rumah sakit tipe C, tapi memiliki fasilitas rumah sakit tipe A.

Diataranya, satu-satunya RS pemerintah di Sulsel dengan teknologi pneumatic tube. Merupakan sistem sarana transportasi material handling dari satu ruangan keruangan lain, menggunakan volume udara melalui jaringan instalasi pipa dengan kecepatan 6 meter/detik.

Serta didukung alat diagnostik berupa CT-Scan dengan 128 slices. Demikian juga keunggulan dental unit yang ada dilengkapi dengan kamera intra oral. Kamera intra oral ada alat yang digunakan untuk melihat/mendeteksi karies (lubang gigi), sehingga membantu dokter gigi. Untuk menjelaskan keadaan rongga mulut atau penyakit mulut pasien, Laparascopy, Funduscopy.

Demikian juga dengan Modular Operating Theater (MOT) adalah sistem terintegrasi yang digunakan untuk ruang operasi sehingga pelaksanaan operasi dapat berjalan secara efektif dan efisien. Alat lainnya, C-Arm sebagai salah satu alat radiologi yang digunakan untuk melihat gambar atau obyek dari pasien yang dapat dilihat langsung dengan cara fluoroscopy dengan bantuan layar monitor.

Demikian juga dengan ruang Instalasi Rawat Jalan. Terdiri dari ruang VIP, rawat inap standar kelas 3, 2, dan 1. Serta ruang perawatan isolasi. Adapun jumlah tempat tidur sebanyak 100 unit. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top