search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Firman Pagarra Bersama Wali Kota Seluruh Indonesia Saksikan Karnaval Budaya Rakernas APEKSI 2024

doelbeckz - Pluz.id Kamis, 06 Juni 2024 19:00
KARNAVAL BUDAYA. Pj Sekda Kota Makassar Firman Hamid Pagarra didampingi Ketua DWP Kota Makassar Fadliah Firman menyaksikan karnaval budaya nusantara dalam rangka Rakernas XVII APEKSI 2024 di Sport and Convention Center (BSCC) Dome, Kota Balikpapan, Kaltim, Rabu (5/6/2024). foto: istimewa
KARNAVAL BUDAYA. Pj Sekda Kota Makassar Firman Hamid Pagarra didampingi Ketua DWP Kota Makassar Fadliah Firman menyaksikan karnaval budaya nusantara dalam rangka Rakernas XVII APEKSI 2024 di Sport and Convention Center (BSCC) Dome, Kota Balikpapan, Kaltim, Rabu (5/6/2024). foto: istimewa

PLUZ.ID, BALIKPAPAN – Karnaval budaya nusantara mewarnai rangkaian kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XVII Asosisasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) 2024 di Sport and Convention Center (BSCC) Dome, Kota Balikpapan, Kaltim, Rabu (5/6/2024).

Dalam karnaval budaya ini, terlihat 30 kota sebagai kontingen yang ikut berpartisipasi, salah satunya Kota Makassar.

Oleh karena itu, Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Makassar, Firman Hamid Pagarra, ikut menyambut dan menyaksikan langsung pawai karnaval budaya tersebut.

Didampingi Pj Ketua DWP Kota Makassar, Fadliah Firman, kehadiran mereka untuk memberikan dukungan penuh secara langsung kepada rombongan Pemkot Makassar.

“Alhamdulillah, kembali lagi kita ikut berpartisipasi dalam pawai karnaval budaya APEKSI XVII. Ini bentuk komitmen Kota Makassar untuk selalu memperkenalkan kebudayaan Kota Makassar di seluruh penjuru dunia khususnya Indonesia,” ucapnya.

Karnaval budaya, kata Firman, merupakan salah satu langkah untuk menunjukkan berbagai macam keberagaman yang berbeda, namun di dalamnya terdapat satu kekuatan seperti tema yang diusung karnaval budaya kali ini, yakni merajut keberagaman budaya mendukung Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Apalagi, malam ini kami duduk bersama Wali Kota Solo sekaligus wapres terpilih, Gibran Rakabuming Raka menyaksikan berbagai macam kebudayaan menunjukkan pentingnya budaya di suatu kota untuk diperkenalkan dan dilestarikan,” ungkapnya.

Ia juga mengaku, senang karena kegiatan tersebut terselenggara dengan baik. Terlebih lewat karnaval ini, bisa memperkenalkan budaya Makassar secara berkelanjutan.

Firman mengungkapkan, keikutsertaan Pemkot Makassar dapat menjadi batu loncatan untuk bisa lebih menegakkan nilai-nilai budaya Makassar hingga ke kancah internasional.

“Seperti yang dikatakan Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, jikalau budaya itu menjadi bagian identitas kita, warisan kita,” tuturnya.

Pada karnaval budaya ini, Kota Makassar berada pada posisi nomor urut kesembilan tampil dengan memboyong kurang lebih 300 orang kontigen.

Dalam barisan karnaval ini, dipimpin langsung seluruh Asisten dan Staf Ahli Pemkot Makassar diikuti Kepala OPD, para ASN, camat, dan lurah serta beberapa penari dari sanggar yang dibawa khusus dari Kota Makassar.

Selain Kota Makassar berikut beberapa kota yang ikut serta dalam karnaval budaya nusantara, yakni Kota Balikpapan sebagai tuan rumah sekaligus pembuka rangkaian karnaval, lalu diikuti Kota Pangkal Pinang, Kota Malang, Kota Pontianak, Semarang, Kota Batu, Bandung, Kota Parepare, Kota Makassar, dan Lubuk Linggau.

Disusul Kota Padang, Kota Depok, Kota Denpasar, Kota Bontang, Kota Palopo, Kota Sukabumi, Kota Palangkaraya, Kota Palu, Kota Ternate, Kota Jambi, Kota Magelang, Kota Bogor, Tarakan, Kota Banjarmasin, Kota Yogyakarta dan Kota Madiun, Kota Tangerang, Kota Palembang, dan Kota Samarinda. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top