search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Fadliah Firman Hadirkan Inovasi Phinisi’ta Tunjang Sistem di DPMPTSP Makassar

doelbeckz - Pluz.id Selasa, 25 Juni 2024 11:20
Fadliah Firman. foto: istimewa
Fadliah Firman. foto: istimewa

PLUZ.ID, MAKASSAR – Kepala Bidang Perencanaan, Pengendalian dan Promosi Penanaman Modal Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Makassar, Fadliah Firman, menghadirkan inovasi aplikasi Peluang Usaha dan Potensi Investasi Digitalisasi (Phinisi’ta).

Inovasi Phinisita untuk menunjang sistem penyelenggaraan di DPMPTSP Kota Makassar.

“Sistem informasi Phinisi’ta membuka peluang usaha dan potensi investasi digitalisasi sistem informasi yang menyajikan data-data yang faktual secara digital terkait peluang usaha dan potensi investasi digitalisasi di Kota Makassar,” jelas Fadliah di Balai Kota Makassar, Senin (24/6/2024).

Menurutnya, inovasi tersebut dapat membantu calon investor memperoleh informasi terkait potensi investasi dan peluang usaha di Kota Makassar, sehingga investasi dapat meningkat.

“Potensi digitalisasi yang dapat menunjukkan pemetaan kondisi dan potensi ekonomi, infrastruktur, demografi dan para pelaku usaha (berdasarkan kegiatan usaha) pada wilayah unit pengembangan yang nantinya dapat menjadi pedoman bagi penyusunan master plan investasi di Kota Makassar di 15 jecamatan,” terangnya.

Apalagi, posisi Kota Makassar dengan hadirnya Ibu Kota Negara (IKN) nantinya akan menjadi daerah strategis untuk menopang kebutuhan IKN.

“Pengelolaan wilayah, potensi, dan sumber daya yang diiringi dengan promosi intensif merupakan salah satu kunci keberhasilan yang harus dipertahankan Kota Makassar sebagai tujuan investasi,” jelasnya.

Sementara, Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Makassar, Firman Hamid Pagarra, mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar tentunya sangat menyambut baik.

Karena kegiatan ini menjadi energi positif dalam rangka upaya meningkatkan pelayanan publik dan memahami tugas sebagai pelayan publik.

Akhirnya sangat berdampak kepada tingkat kepercayaan masyarakat kepada pemerintah.

Ia mengaku, menaruh harapan besar kepada 20 inovasi aksi perubahan tersebut, sehingga bisa meninggalkan pola-pola lama yang dinilai tidak efektif dan sejalan dengan zaman digitalisasi saat ini.

“Kita harus meninggalkan pola-pola lama yang sudah tidak relevan dan adaptif lagi serta kita harus menyesuaikan diri dengan tidak ketinggalan dengan digitalisasi saat ini,” ucapnya.

Sejalan dengan itu, Firman juga meminta peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan XI untuk mengakselerasikan inovasinya dengan program-program strategis Pemkot Makassar.

“Bahwa inovasi yang bermuatan lokal ini sebenarnya saya tekankan tujuan utama ini berada pada ujungnya itu apa yang dihasilkan dan dimanfaatkan di OPD (Organisasi Perangkat Daerah) masing-masing. Jangan fokus ke launching, tapi pelaksanaan nantinya. Semoga bisa bersinergi dengan program strategis Pak Wali (Wali Kota) dan memperkuat inovasi yang sudah ada,” jelasnya. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top