search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Ninuk Zudan Dikukuhkan Sebagai Bunda PAUD Sulsel

Pastikan Semua Anak Usia Dini Bisa Mengakses Layanan PAUD Berkualitas dan Holistik Integratif
doelbeckz - Pluz.id Selasa, 25 Juni 2024 22:47
PENGUKUHAN. Pj Gubernur Sulsel, Zudan Arif Fakrulloh, mengukuhkan Ninuk Triyanti Zudan sebagai Bunda PAUD Sulsel di Hotel Dalton Makassar, Selasa (25/6/2024). foto: istimewa
PENGUKUHAN. Pj Gubernur Sulsel, Zudan Arif Fakrulloh, mengukuhkan Ninuk Triyanti Zudan sebagai Bunda PAUD Sulsel di Hotel Dalton Makassar, Selasa (25/6/2024). foto: istimewa

PLUZ.ID, MAKASSAR – Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel, Zudan Arif Fakrulloh, mengukuhkan Ninuk Triyanti Zudan sebagai Bunda PAUD Sulsel di Hotel Dalton Makassar, Selasa (25/6/2024).

Pengukuhan ini juga dirangkaikan dengan pelantikan Pokja Bunda PAUD Sulsel.

Usai dikukuhkan, Ninuk Zudan mengatakan, tugas Bunda PAUD dan Pokja Bunda PAUD tidak ringan.

Oleh karena itu, ia memohon dukungan dan arahan Pj Gubernur Sulsel, seluruh pejabat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan stakeholder terkait.

Dalam kesempatan tersebut, Ninuk Zudan melaporkan, masih ada kerancuan pemahaman terkait pendidikan anak usia dini berkualitas dan pengembangan anak usia dini holistik integratif.

“Kalau pendidikan anak usia dini yang berkualitas ini mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan, dimana sebuah PAUD ada standar yang sudah ditentukan. Tetapi pengembangan PAUD holistik integratif, berdasarkan Peraturan Presiden Tahun 2013 yang lebih kepada memberikan ppengembangan anak usia dini meliputi enam aspek, yakni kesehatan, gizi, pendidikan, pengasuhan, perawatan, dan perlindungannya,” jelas Ninuk.

Tugas Bunda PAUD, kata Ninuk, adalah memastikan seluruh anak-anak usia dini mendapatkan akses pelayanan PAUD berkualitas dan mendapatkan pengembangan PAUD holistik integratif.

“Kalau PAUD berkualitas tentunya ada di sekolah formal. Sedangkan, pengembangan PAUD holistik integratif tidak harus dilaksanakan di tempat-tempat formal, tetapi bisa dilaksanakan di Posyandu, bahkan di tempat-tempat rehabilitasi. Sehingga, tugas kami tentunya tidak bisa dilaksanakan sendiri, tentunya butuh arahan dan dukungan Bapak Penjabat Gubernur, juga seluruh stakeholder terkait,” urainya.

Ninuk mengungkapkan, Provinsi Sulsel sudah memiliki Satuan Tugas (Satgas) pengembangan anak usia dini holistik integratif, dan merupakan satu-satunya provinsi di Indonesia yang sudah memiliki Rencana Aksi Daerah Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif.

“Karena itu, tentunya kerja kita sangat luar biasa, mohon arahan dan dukungan agar kami bisa melaksanakan tugas yang diberikan kepada kami,” harap Pj Ketua Tim Penggerak PKK Sulsel ini. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top