search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Pj Gubernur Sulsel Apresiasi Peran TNI dalam Ketahanan Pangan

Sulsel Siap Jadi Pilot Project Pertanian Optimalisasi Lahan Rawa di Indonesia
doelbeckz - Pluz.id Sabtu, 29 Juni 2024 17:01
PANEN PADI. Pj Gubernur Sulsel, Zudan Arif Fakrulloh, pada pesta panen padi optimalisasi lahan rawa di Kabupaten Pinrang, Jumat (28/6/2024). foto: istimewa
PANEN PADI. Pj Gubernur Sulsel, Zudan Arif Fakrulloh, pada pesta panen padi optimalisasi lahan rawa di Kabupaten Pinrang, Jumat (28/6/2024). foto: istimewa

PLUZ.ID, PINRANG – Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel, Zudan Arif Fakrulloh, mengapresiasi peranan TNI dalam mendukung ketahanan pangan di Kabupaten Pinrang.

Hal ini termasuk optimalisasi lahan rawa seluas 500 hektare, dimana TNI turut membantu, termasuk dengan penerapan teknologi drone untuk pemupukan dan pemantauan.

Pj Gubernur berharap, model kerja sama seperti ini dapat menjadi pilot project yang dapat diterapkan di berbagai daerah di Indonesia, sebagai pertanian modern. Apalagi, Kabupaten Pinrang dinilai sebagai salah satu daerah yang paling cepat dalam mengimplementasikan inisiatif ini.

Kolaborasi TNI dan pemerintah daerah dalam meningkatkan produktivitas pertanian diharapkan dapat memperkuat ketahanan pangan nasional.

Zudan berharap, dengan optimalisasi lahan 500 hektare bisa ditingkatkan menjadi 5.000 hektare dan panen bisa meningkat, dari satu kali setahun menjadi dua kali.

“Pangdam sudah mendukung penuh, dan nanti akan terus ditingkatkan bersama dengan Kementerian Pertanian. Program Kementerian Pertanian kita terapkan penuh di sini. Dan berharap Sulawesi Selatan menjadi pilot project pertanian dengan teknologi moderen, dengan meningkatkan hasil panen berlipat-lipat,” kata Zudan di sela pesta panen padi optimalisasi lahan rawa di Kabupaten Pinrang, Jumat (28/6/2024).

Pangdam XIV Hasanuddin, Mayjen TNI Bobby Rinal Makmun, mengatakan, akan mengawal apa yang menjadi program prioritas pemerintah. Yakni ketahanan pangan

“Karena ini memang bagian program unggulan yang di TNI Angkatan Darat juga. Sehingga harapan saya ketika ada tugas optimalisasi lahan di tempat lain kita pasti akan dukung penuh,” ujarnya. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top