search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Kesra Makassar Galakkan Program Penguatan Keimanan Umat

doelbeckz - Pluz.id Sabtu, 06 Juli 2024 13:00
PENGAJIAN LORONG. Pengajian Lorong salah satu andalan andalan bagian Setda Kota Makassar. foto: istimewa
PENGAJIAN LORONG. Pengajian Lorong salah satu andalan andalan bagian Setda Kota Makassar. foto: istimewa

PLUZ.ID, MAKASSAR – Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, memiliki visi besar untuk menjadikan Makassar sebagai kota yang harmonis, bermoral, dan bersatu berlandaskan nilai-nilai keagamaan.

Dalam upayanya mencapai hal tersebut, Danny Pomanto merancang program strategis, yakni Penguatan Keimanan Umat. Program ini dijalankan di bawah naungan Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Sekretariat Daerah (Setda) Kota Makassar.

Kepala Bagian Kesra Setda Kota Makassar, Mohammad Syarief, menjelaskan, program unggulan Kesra yang tiap harinya terus berjalan, yakni Pengajian Lorong dan Tahfizh Harian.

“Pengajian Lorong melibatkan 20 orang warga dari setiap kelurahan, jadi para Muballigh dan Muballighot turun langsung setiap hari ke lokasi binaan. Kemudian program Tahfizh Harian yang hingga kini berjalan sudah berhasil membina kurang lebih 4.500 anak,” jelasnya.

Lanjutnya, berkat bimbingan Kesra, Makassar juga aktif berpartisipasi dalam ajang Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadis (STQH) dan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Provinsi.

“Alhamdulillah, Makassar berhasil menjuarai kompetisi tersebut selama tiga tahun berturut-turut,” sebutnya.

Sementara, program yang dijalankan selama Bulan Puasa terkhususnya teruntuk umat muslim, seperti Salat Subuh berjemaah, buka puasa, hingga itikaf bersama.

“Salat Subuh berjemaah adalah agenda rutin tahunan yang dilaksanakan tiap pekan. Buka puasa bersama kita sepanjang 2,5 Kilometer mencetak rekor MURI yang melibatkan Kerajaan Arab Saudi, anak-anak panti asuhan dan kaum dhuafa. Dan, Alhamdulillah kami juga menjalin itikaf bersama masyarakat Kota Makassar,” jelasnya.

Selain itu, Pemerintah Kota (Peĥmkot) Makassar juga memaksimalkan penyaluran zakat, hingga terbukti Baznas nasional memberikan penghargaan kepada Pemerintah Kota Makassar sebagai Kota Penyumbang Zakat Terbanyak dan Danny Pomanto didaulat sebagai Duta Zakat.

Tak hanya berfokus pada kegiatan keagaman umat Muslim, pemkot melalui Kesra telah memberikan bantuan kepada rumah-rumah ibadah dan organisasi kemasyarakatan keagamaan, dengan nilai rata-rata sebesar 50 juta rupiah. Serta memberikan insentif kepada kurang lebih 6.000 pekerja keagamaan se-kota Makassar.

“Bantuan ini diharapkan dapat membantu rumah ibadah, organisasi, dan pekerja keagamaan dalam menjalankan kegiatan mereka yang bermanfaat bagi masyarakat,” katanya.

Menurutnya, kehadiran Danny Pomanto di berbagai acara keagamaan juga menjadi bukti komitmennya dalam memperkuat keimanan umat di Kota Makassar.

“Dengan berbagai program yang telah dijalankan, kami berharap dapat memperkuat keimanan umat agar membawa Makassar baik untuk semua,” jelasnya. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top