search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Dekan FIK UIM Usung Healthcare Professional Entrepreneurships

doelbeckz - Pluz.id Rabu, 01 Juli 2020 18:27
SERTIJAB. Suasana acara serah terima jabatan Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) Universitas Islam Makassar (UIM) berlangsung di Kampus FIK UIM, hari ini, Rabu (1/7/2020). foto: istimewa.
SERTIJAB. Suasana acara serah terima jabatan Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) Universitas Islam Makassar (UIM) berlangsung di Kampus FIK UIM, hari ini, Rabu (1/7/2020). foto: istimewa.

PLUZ.ID, MAKASSAR – Acara serah terima jabatan Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) Universitas Islam Makassar (UIM) berlangsung di Kampus FIK UIM, hari ini, Rabu (1/7/2020).

Kegiatan ini menjadi awal baru kepemimpinan Dr Marhaen Hardjo M Biomed PhD, Doktor lulusan Okayama University Jepang, sebagai dekan baru menggantikan seniornya, Dr Rivai Pakki.

Di tengah pandemi Covid-19 dengan menjaga social distancing acara serah terima secara hibrid daring dan luring.

Dekan lama yang berhalangan hadir langsung, diundang via aplikasi Zoom, disaksikan para tamu undangan yang ikut meramaikan acara sertijab ini.

Dekan FIK UIM baru, Marhaen, menyampaikan tentang arah baru pendidikan di FIK UIM, yakni untuk menghasilkan health care professionals yang berjiwa enterpreneurship.

“Kita menginginkan tenaga kesehatan profesional, perawat dan bidan, yang dihasilkan dari sistem pendidikan di FIK UIM memiliki kemandirian dan inovasi dalam menjalankan profesinya,” kata Marhaen yang merupakan salah satu anggota kolegium dokter Indonesia yang menjadi penyusun Standar Kompetensi Dokter Indonesia 2020 dan Reviewer Standar Kompetensi Tenaga Kesehatan di Indonesia.

Marhaen mengemukakan keinginannya untuk menghasilkan lulusan yang dapat bersaing secara global.

“Kita sudah lelah dengan persoalan tenaga kerja Indonesia yang kurang terdidik di luar negeri. Dan kita malu karena tenaga kerja Indonesia dibayar lebih murah dari tenaga kerja asal Filipina dan Malaysia di Timur Tengah dan Jepang,” ujarnya.

“Kita akan mengirim tenaga kesehatan profesional, yang memiliki jiwa entreprekneurship, ke luar negeri. Saya akan berusaha memanfaatkan jaringan internasional yang saya miliki untuk mewujudkan hal ini,” tambah ahli stem cell dari Universitas Hasanuddin, yang pernah lama tinggal, di Jepang dan Kuala lumpur ini.

Marhaen menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ketua Yayasan UIM Fatimah Kalla, Rektor UIM, Dr Ir Hj A Majdah Agus Arifin Nu’mang MSi dan Wakil Rektor V UIM Prof DR HM Arfin Hamid SH MHz dan Dekan lama Dr Rivai Pakki, yang telah memberikan kesempatan untuk menahkodai FIK UIM.

Humas IDI Kota Makassar, Dr wachyudi Muchsin SH, meyakini FIK UIM di bawah kepemimpinan Dokter Marhaen akan membawa FIK UIM Go Internasional serta mampu bekerja sama dengan semua pihak baik kampus, media, dan pemerintah. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top