search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Banjir Bandang Terjang Luwu Utara

doelbeckz - Pluz.id Selasa, 14 Juli 2020 11:55
BANJIR BANDANG. Salah satu titik yang diterjang banjir bandang di Kecamatan Baebunta, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Senin (13/7/2020) malam. foto: istimewa
BANJIR BANDANG. Salah satu titik yang diterjang banjir bandang di Kecamatan Baebunta, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Senin (13/7/2020) malam. foto: istimewa

PLUZ.ID, MAKASSAR – Banjir bandang terjadi di Kecamatan Baebunta, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Senin (13/7/2020) malam.

Ribuan rumah warga dan tempat ibadah
dihantam banjir bandang dan lumpur bercampur pasir setinggi 2 Meter.

Diketahui, banjir bandang yang diperkirakan sebagai banjir terparah yang melanda wilayah tersebut, disebabkan karena meluapnya Sungai Radda dan yang berada di lokasi Desa Radda dengan jarak sekitar 2 Kilometer (Km) dari pusat Kota Masamba, yang juga lebih dahulu teredam. Penyebabnya curah hujan yang tinggi dalam beberapa hari terakhir atau sejak 12 Juli 2020.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulsel, Endro Yudo Waryono, menjelaskan, musibah ini terjadi, hampir bersamaan dengan meluapnya Sungai Masamba, yang meluber hingga Bandar Udara Andi Djemma, Senin (13/7/2020) malam.

“Jalan Trans Sulawesi Lumpuh total sekira pukul 02.53 WITA,” ujarnya.

Endro mengatakan, alat berat sempat dikerahkan untuk melakukan pengerukan pasir bercampur lumpur yang menutup jalan dan perumahan warga.

“Buldoser sempat dikerahkan, tapi mundur di tengah jalan, lumpur bercampur pasir sangat tebal,” katanya.

Halaman

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top