search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Pilkada Serentak 2020 Momentum Gerakan Melawan Covid-19

doelbeckz - Pluz.id Kamis, 27 Agustus 2020 17:30
DIALOG VIRTUAL. Ketua KPU RI Arief Budiman berbicara dalam berdialog di Media Center Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Jakarta, Rabu (26/8/2020). foto: istimewa
DIALOG VIRTUAL. Ketua KPU RI Arief Budiman berbicara dalam berdialog di Media Center Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Jakarta, Rabu (26/8/2020). foto: istimewa

PLUZ.ID, MAKASSAR – Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020, Indonesia kembali melakukan pilkada secara serentak. Pilkada serentak akan diselenggarakan Rabu, 9 Desember 2020.

Akan tetapi, yang membedakan dari pilkada serentak sebelumnya adalah pilkada serentak kali ini dilakukan dalam situasi Indonesia yang masih menghadapi pandemi Covid-19.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI), Arief Budiman, menyampaikan bahwa tengah dipersiapkan empat peraturan KPU, yaitu mengenai pencalonan, kegiatan kampanye, dana kampanye, dan penerapan protokol kesehatan.

Salah satu peraturan yang diusulkan KPU kepada pemerintah dan DPR guna penerapan protokol kesehatan, yakni setiap bakal pasangan calon harus melakukan tes swab.

“Setiap bakal pasangan calon, sebelum nanti dilakukan pemeriksaan kesehatannya, mereka harus melakukan swab test,” jelas Arief saat berdialog di Media Center Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Jakarta, Rabu (26/8/2020).

Arief kemudian memberikan perkembangan mengenai Sumber Daya Manusia (SDM) di KPU RI. Gabungan dari KPU RI, KPU Provinsi, KPU Kabupaten/Kota, serta jajaran adhoc telah melakukan tes swab. Selain itu, disinfeksi juga telah dilakukan di kantor KPU RI.

Mengenai perkembangan terkait bakal pasangan calon, Arief mengatakan, calon perseorangan sedang berada di dalam tahap akhir sebelum putusan lolos ke tahap pendaftaran. Lalu untuk calon yang diusung partai politik, sedang dilakukan rapat koordinasi antara KPU RI dan partai politik tingkat pusat.

Halaman

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top