search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Alfiah Ummah Suhaimah Duta Bahasa Sulselbar 2020

doelbeckz - Pluz.id Sabtu, 19 September 2020 19:00
Alfiah Ummah Suhaimah. foto: istimewa
Alfiah Ummah Suhaimah. foto: istimewa

PLUZ.ID, MAKASSAR – Alfiah Ummah Suhaimah terpilih sebagai Duta Bahasa Tingkat Provinsi Sulsel dan Provinsi Sulbar (Sulselbar) 2020.

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar ini, berhasil menyisihkan 50 peserta yang mengikuti seleksi.

Alfiah, Sabtu (19/9/2020), mengaku, bersyukur atas prestasi yang diraih ini.

“Alhamdulillah, atas amanah ini. Insya Allah, saya akan jaga baik-baik dan menjalankan tugas sebagai Duta Bahasa dengan baik,” ujar putri kelahiran Camba Kabupaten Maros yang juga peraih Dara I Maros 2018 dan Runner Up II Duta Wisata Sulsel 2018 ini.

DUTA BAHASA. Panitia memasangkan selempang kepada Alfiah Ummah Suhaimah sebagai Duta Bahasa Sulselbar 2020 pada malam grand final di Mal Phinisi Point (Pipo) Makassar, belum lama ini. foto: istimewa

Kegiatan Pemilihan Duta Bahasa Se-Sulselbar sendiri diadakan Balai Bahasa Provinsi Sulsel di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Ajang ini diikuti sejumlah mahasiswa dari Perguruan Tinggi (PT) yang ada di dua provinsi ini.

Pelaksanaan lomba dimulai Juli hingga 5 September 2020 mulai dari seleksi berkas, tes Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI), presentasi karya tulis ilmiah, wawancara, penampilan bakat, hingga malam grand final di Mal Phinisi Point (Pipo) Makassar.

Pemilihan Duta Bahasa Sulselbar diikuti 50 peserta yang telah lolos berkas, 24 finalis yang lolos UKBI, dan setelah melalui karantina pada 3-5 September 2020 di Balai Bahasa Sulselbar pada malam puncak grand final ditetapkan delapan besar (4 putra dan 4 putri) yang akan diuji langsung di atas panggung oleh tiga orang tim juri untuk menetapkan terbaik I, II, III, dan favorit.

Dimana pemilihan Duta Bahasa ini, menekankan pada Trigatra Bahasa, yaitu
utamakan Bahasa Indonesia, lestarikan bahasa daerah, dan muasai bahasa asing. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top