search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Wagub Sulsel Apresiasi Upaya SMSI Sulsel Tangkal Hoaks

doelbeckz - Pluz.id Kamis, 03 Desember 2020 09:00
SILATURAHMI. Pengurus SMSI Sulsel bersilaturahmi dan diskusi dengan Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman di rumah jabatan, Makassar, Rabu (2/12/2020). foto: istimewa
SILATURAHMI. Pengurus SMSI Sulsel bersilaturahmi dan diskusi dengan Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman di rumah jabatan, Makassar, Rabu (2/12/2020). foto: istimewa

PLUZ.ID, MAKASSAR – Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulsel bersilaturahmi dan diskusi dengan Wakil Gubernur (Wagub) Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman di rumah jabatan, Makassar, Rabu (2/12/2020).

Kepada Andi Sudirman Sulaiman, Ketua SMSI Sulsel Rasyid Alfarizi memperkenalkan SMSI Sulsel sebagai organisasi perusahaan media online (siber). Keanggotaan SMSI Sulsel ada 25 perusahaan media siber.

Rasyid menjelaskan, pengurus SMSI telah terbentuk di 34 Provinsi Indonesia. SMSI
resmi menjadi konstituen Dewan Pers. Jumlah anggota SMSI se-Indonesia lebih dari 850 perusahaan media siber.

“Salah satu tujuan besar dari pembentukan SMSI untuk membantu pemerintah khususnya Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) dalam mendata media online. SMSI hadir untuk menangkal pemberitaan berisi hoaks,” terangnya.

Selain mendata media siber di daerah, tambah Rasid, SMSI juga melakukan verifikasi terhadap media siber yang bergabung. Mendata perusahaan media yang ada di setiap daerah, ditingkat provinsi maupun kabupaten dan kota.

“Syarat verifikasi yang harus dipenuhi perusahaan setiap media siber seperti yang ditetapkan Dewan Pers. Syarat itu antaranya, perusahaan media siber harus berbentuk badan hukum, memiliki perjanjian kerja dengan karyawan, memiliki kantor, dan memiliki penanggung jawab. Selain itu juga mematuhi Pedoman Pemberitaan Media Siber yang dikeluarkan Dewan Pers,” terangnya.

Wagub Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, mengatakan, dirinya menyambut baik kehadiran SMSI Sulsel sebagai organiasai perusahaan media siber. Apalagi, setelah mendapatkan penjelasan dari ketua SMSI Sulsel bahwa organisasi ini telah terdaftar di Dewan Pers.

Halaman

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top