search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Bachder Djohan Raih Top Leader on Digital Implementation 2020

doelbeckz - Pluz.id Minggu, 27 Desember 2020 10:00
TERIMA PENGHARGAAN. Direktur Utama PT Sucofindo (Persero), Bachder Djohan Buddin (ketiga kiri), menerima penghargaan Top Leader on Digital Implementation 2020 dan PT Sucofindo  (Persero) menerima penghargaan Top Digital Implementation 2020 on Assessment Service Sector #Level Star 4 di ajang Top Digit Awards 2020. foto: istimewa
TERIMA PENGHARGAAN. Direktur Utama PT Sucofindo (Persero), Bachder Djohan Buddin (ketiga kiri), menerima penghargaan Top Leader on Digital Implementation 2020 dan PT Sucofindo (Persero) menerima penghargaan Top Digital Implementation 2020 on Assessment Service Sector #Level Star 4 di ajang Top Digit Awards 2020. foto: istimewa

“Dengan diraihnya penghargaan ini tentu akan mendorong kami untuk terus berupaya dan berinovasi dalam mengembangkan keunggulan di sektor teknologi digital,” kata Bachder selepas acara penganugerahaan.

“Upaya yang telah dilaksanakan Sucofindo diantaranya adalah melakukan peremajaan infrastruktur, meningkatkan kapabilitas SDM (Sumber Daya Manusia) dengan mengikuti berbagai pelatihan, melakukan perubahan proses binis perusahaan serta implementasi inovasi dengan peluncuran proses bisnis baru dan beragam aplikasi guna menunjang kegiatan operasional perusahaan,” lanjut Bachder.

Ragam aplikasi telah diluncurkan baik untuk kegiatan operasional maupun kegiatan pendukung. Aplikasi untuk kegiatan operasional antara lain pengelolaan pelanggan (CRM), digital reporting untuk kegiatan inspeksi dan integrasi sistem informasi laboratorium yang tersebar kurang lebih di 57 lokasi.

Aplikasi untuk kegiatan pendukung antara lain aplikasi kehadiran, employee self service untuk memudahkan pegawai melakukan proses administrasi kepegawaian secara mandiri, talent management system, e-procurement serta e-office untuk persuratan dan pengelolaan dokumen digital.

Kedepannya, tantangan yang dimiliki perusahaan akan semakin besar mengingat perubahan teknologi yang sangat cepat juga harus didukung dengan kesiapan dari seluruh sumber daya yang dimiliki.

Selain itu, Sucofindo memperkenalkan penggunaan teknologi informasi dalam melakukan layanan jasa inspeksi, pengujian, dan sertifikasi.

Untuk jasa pengujian, maraknya penggunaan perangkat digital juga membuka peluang bagi Sucofindo untuk mengembangkan Laboratorium Pengujian untuk sektor Telekomunikasi dan Informasi, yang diawali dengan Laboratorium pengujian Radio Frekuensi (RF) untuk produk Handphone, Komputer Genggam dan Tablet (HKT).

Sucofindo sebagai lembaga pengujian dan sertifikasi perangkat HKT di Indonesia mampu menunjukkan performa prima dalam melindungi konsumen sekaligus membantu daya saing Perusahaan HKT di Indonesia. Laboratorium RF dan Telko milik Sucofindo melayani pengujian produk perangkat Handphone, Komputer, Tablet (HKT) yang terhubung dengan WLAN, 4G LTE, pengujian Bluetooth, dan perangkat untuk GSM dan WiFi.

Sucofindo juga telah memanfaatkan teknologi Artificial Inteligent untuk melakukan pemetaan wilayah yang membantu proses pemanenan dalam sektor agroindustri, demgan memadukan dengan data dan teknologi AI, sehingga membantu pengambil keputusan untuk melakukan panen raya secara optimal.

Selain itu, Sucofindo mendukung Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam menerapkan Sistem Pemantauan Kualitas Air Limbah Secara Terus Menerus dan Dalam Jaringan (Sparing). Sparing adalah sistem pemantauan secara otomatik, terus menerus dan dalam jaringan, dipergunakan untuk memantau, mencatat dan melaporkan kegiatan pengukuran kadar suatu parameter dan/atau debit pembuangan air limbah ke media air, dengan menggunakan teknologi informasi sehingga terdapat informasi terkini terkait kualitas limbah.

Di dalam masa pandemi ini, Sucofindo juga telah melakukan perubahan proses bisnisnya, dimana proses layanan pelanggan dapat dilakukan secara remote, yaitu melakukan audit secara remote dan menggunakan teknologi digital untuk proses administrasi. (***)

Halaman

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top