search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Bukan Lagi Jalur CPNS, Penerimaan Guru Kini Sistem PPPK

doelbeckz - Pluz.id Sabtu, 02 Januari 2021 16:00
Imran Jausi. foto: istimewa
Imran Jausi. foto: istimewa

PLUZ.ID, MAKASSAR – Skema rekrutmen tenaga guru tahun ini (2021) mengalami perubahan. Tidak lagi melalui seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), tapi dialihkan lewat jalur Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Perubahan itu diumumkan langsung Kepala Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Bima Haria Wibisana dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim dalam konferensi pers catatan kinerja akhir tahun Kementerian PAN-RB, 29 Desember 2020 lalu.

Keduanya sepakat penerimaan tenaga guru tidak lagi dilakukan melalui jalur CPNS akan, tetapi melewati seleksi PPPK. Alasannya, rekrutmen guru lewat jalur PPPK dinilai mampu membantu pemerintah dalam menyelesaikan persoalan distribusi guru secara nasional.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Sulsel, Imran Jausi, berpendapat rencana pemerintah pusat mengalihkan rekrutmen tenaga guru melalui jalur PPPK, karena dianggap bisa betul-betul sesuai kebutuhan.

“Jadi melalui jalur tersebut penerimaan guru bisa betul-betul sesuai kebutuhan dan bisa dievaluasi tiap tahun,” kata Imran, Sabtu (2/1/2021).

Imran mengatakan, CPNS Sulsel tahun ini berjumlah 3.400 formasi. Hanya saja, jumlah itu, belum bisa memenuhi seluruh kebutuhan PNS di lingkup Pemprov Sulsel.

Imran membeberkan, tenaga guru menjadi formasi yang paling urgen untuk diisi. Sebab, hampir tiap tahun banyak guru yang pensiun. Sehingga diharapkan program satu juga formasi guru PPPK bisa memenuhi kebutuhan guru di Sulsel.

“Ia, guru ini paling penting, karena banyak yang pensiun dan namanya itu tersebar di pelosok-pelosok,” ucapnya. (***)

Penulis : Anas

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top