search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Bom Bunuh Diri di Gereja Katedral Makassar, 1 Orang Tewas dan 9 Korban Luka-luka

doelbeckz - Pluz.id Minggu, 28 Maret 2021 13:00
Irjen Pol Merdisyam. foto: istimewa
Irjen Pol Merdisyam. foto: istimewa

PLUZ.ID, MAKASSAR – Aksi bom bunuh diri terjadi di Gereja Katedral Makassar, sekitar pukul 10.35 WITA, Minggu (28/3/2021).

Saat itu baru saja selesai pelaksanaan ibadah misa palma rangkaian paskah di gereja yang terletak di Jl Kajaolalido, Kota Makassar.

Kepastian aksi bom bunuh diri ini, disampaikan Kapolda Sulsel, Irjen Pol Merdisyam, usai meninjau Tempat Kejadian Perkara (TKP).

Merdisyam menyatakan, akibat aksi bom bunuh diri itu, satu orang meninggal dunia dan sembilan korban luka-luka.

“Kami baru saja meninjau TKP. Data awal saya sampaikan, pada pukul 10.35 WITA pagi tadi, telah terjadi ledakan diduga pelaku bom bunuh diri. Data awal, satu korban dipastikan pelaku bom bunuh diri, ditemukan jenazahnya di TKP. Korban lain ada sembilan masyarakat, lima orang petugas gereja dan empat orang jemaah,” beber Kapolda kepada media usai meninjau lokasi kejadian.

“Para korban sudah dievakuasi ke Rumah Sakit (RS), yaitu ke RS Stelle Maris, RS Pelamonia, dan RS Bhayangkara,” tambahnya.

Kapolda mengatakan, di lokasi ditemukan pula satu unit motor yang rusak yang diduga digunakan pelaku aksi bom bunuh diri.

“Kronologisnya, satu unit motor hendak masuk ke gereja, lalu ditahan petugas gereja di situlah terjadi ledakan,” ujarnya.

“Tim Densus 88 dan Gegana tengah melakukan olah TKP mengumpulkan data-data lengkap mengenai kejadian ini. Bom masuk kategori high explosive atau berkekuatan tinggi,” tambah Kapolda. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top