search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Peduli Imam Masjid, La Tinro La Tunrung Fasilitasi IPIM Sulsel

doelbeckz - Pluz.id Rabu, 31 Maret 2021 12:00
SILATURAHMI. Pengurus IPIM Sulsel dipimpin Ketua KH Masykur Yusuf foto bersama anggota DPR RI H La Tinro La Tunrung usai melangsungkan silaturahmi menyambut bulan suci Ramadan di kediaman pribadinya Kompleks Perumahan IDI, Jl Topas Raya, Kota Makassar, Senin (29/3/2021) malam. foto: istimewa
SILATURAHMI. Pengurus IPIM Sulsel dipimpin Ketua KH Masykur Yusuf foto bersama anggota DPR RI H La Tinro La Tunrung usai melangsungkan silaturahmi menyambut bulan suci Ramadan di kediaman pribadinya Kompleks Perumahan IDI, Jl Topas Raya, Kota Makassar, Senin (29/3/2021) malam. foto: istimewa

PLUZ.ID, MAKASSAR – Dewan Pembina Ittihad Persaudaraan Imam Masjid (IPIM) Sulsel, H La Tinro La Tunrung, yang saat ini menjadi wakil rakyat di Komisi VI DPR RI menaruh perhatian besar kepada seluruh imam masjid di Sulsel terkait dengan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan kesejahteraan hidupnya dengan kesediaan memfasilitasi IPIM Sulsel dalam setiap kegiatan yang diprogramkan.

Mantan Bupati Enrekang dua periode ini, ditemui usai melangsungkan silaturahmi dengan pengurus IPIM Sulsel di kediamannya Kompleks Perumahan IDI, Jl Topas Raya, Kota Makassar, menyatakan, dirinya sangat salut kepada pengurus IPIM Sulsel yang di tengah pandemi Covid-19 tetap saja berkreasi mengelar kegiatannya dengan tetap menaati protokoler kesehatan Covid-19.

Politisi Gerindra yang dikenal selama ini mengeluti dunia usaha konstruksi dan hafidz Al Qur’an 30 juz ini, menyebut sejumlah kegiatan organisasi persaudaraan imam yang sangat menyentuh langsung kebutuhan anggotanya, diantaranya Tahsin Al Qur’an yang dilakukan secara virtual dan sudah berlangsung hampir tiga bulan terakhir ini, yang diikuti imam masjid dari 24 kabupaten/kota di Sulsel.

“Kegiatan ini tentu saja sungguh sangat menyentuh langsung kebutuhan imam dalam mengantar jemaah lebih khusyuk dalam pelaksanaan salat lima waktu di masjid, karena bukan hanya memperbaiki ucapan huruf dan kalimat yang benar dan tepat, tapi juga menata lagu yang dikuasai setiap imam masjid,” ungkap mantan pengurus Gapensi Sulsel ini semangat, Rabu (31/3/2021).

La Tinro menjelaskan, sekalipun ia sering berada di Jakarta terkadang berusaha balik ke Makassar pada setiap Jumat malam hanya untuk mengikuti lebih dekat kegiatan Tahsin Qur’an yang dibimbing langsung KH Syam Amir (Pendiri dan Pembina Pondok Pesantren Tahfidz Qur’an Al-Imam Ashim).

“Saya melihat kegiatan ini sangat bagus karena semua pesertanya sangat bersemangat mengikuti dan langsung mempraktekan bacaannya sebagaimana dilakukan saat menjadi imam di masjidnya masing-masing, sehingga terkadang tidak terasa hingga larut malam,” kata La Tinro.

Kegiatan lain yang juga tidak kalah menariknya dan juga sangat menyentuh, lanjut La Tinro, adalah membantu anggota IPIM yang mengalami kesulitan finansial terutama saat ditimpa bencana, bahkan menghimpun dana dari pengurus untuk dijadikan dana bergulir tanpa membebani tambahan jumlah atau berbunga.

Terkait dengan peristiwa bom bunuh diri yang terjadi di Gereja Katedral Kota Makassar, beberapa hari lalu, La Tinro mengingatkan di sinilah peran masjid di dalam memberdayakan imam masjid dan jemaahnya di dalam pembinaan spiritual ummat, terutama dalam rangka menangkal doktrin radikal dan keliru memahami makna jihad.

“Masjid ini sangat strategis di dalam pembinaan ummat secara kaffah,” ungkap La Tinro sembari mengungkapkan niatnya akan konsentrasi sepenuhnya mengabdikan diri kepada ummat yang membutuhkan bantuannya sesuai kemampuan setelah berhenti dari DPR nanti.

Sementara, Ketua Umum IPIM Sulsel, KH Masykur Yusuf, mengatakan, kehadiran La Tinro di IPIM betul-betul merupakan motivasi luar biasa yang patut diteladani bukan saja lantaran ketulusannya memfasilitasi IPIM semata, tapi beliau mengikuti secara serius materi pembelajaran setiap pertemuan bersama peserta lainnya.

“Kita salut kepada beliau atas kesediaannya menyiapkan waktu mengikuti pelatihan Tahsin dan ini sangat sedikit pejabat kita mau berbaur memperbaiki bacannya sekalipun di tengah kesibukan sebagai pengusaha dan wakil rakyat di pusat,” ungkapnya.

Masykur yang selama ini aktif sebagai salah satu imam tetap Masjid Al-Markaz Al-Islami Makassar, mengatakan, pertemuan yang dilangsungkan bersama pengurus IPIM lainnya tersebut dalam rangka melaporkan tindak lanjut kegiatan Tahsin Qur’an yang sudah berlangsung hampir tiga bulan secara virtual.

Sebagai pembina lanjutnya, La Tinro ingin memanfaatkan datangnya bulan suci Ramadan dengan melakukan silaturrahmi sekaligus menutup kegiatan tahsin secara tatap muka dengan tetap menaati protokol kesehatan Covid-19.

“Kebetulan juga pengurus IPIM Sulsel telah memediasi anggotanya mengikuti vaksin Covid-19 sekitar 100 lebih imam. Kita harapkan seluruh imam masjid utusan dari 24 kabupaten/kota mampu memberi tutorial di daerah masing-masing sepulangnya nanti, termasuk memotivasi masyarakat untuk bersedia segera melakukan vaksin Covid-19,” kata Masykur sembari menyebutkan kegiatan tahsin Qur’an dijadwalkan digelar 10-11 Maret 2021 mendatang. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top