search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Irwan Djafar Ajak Warga Sosialisasikan Perda Pengelolaan Rumah Kos

doelbeckz - Pluz.id Senin, 17 Mei 2021 21:00
SOSIALISASI PERDA. Anggota DPRD Makassar, Irwan Djafar, sosialisasikan Perda Pengelolaan Rumah Kos di Hotel Pesona Makassar, Senin (17/5/2021). foto: istimewa
SOSIALISASI PERDA. Anggota DPRD Makassar, Irwan Djafar, sosialisasikan Perda Pengelolaan Rumah Kos di Hotel Pesona Makassar, Senin (17/5/2021). foto: istimewa

PLUZ.ID, MAKASSAR – Anggota DPRD Kota Makassar, Irwan Djafar, menggelar sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) nomor 10 tahun 2011 tentang Pengelolaan Rumah Kos di Hotel Pesonna, Senin (17/5/2021).

Irwan mengatakan, regulasi ini menjadi acuan pemerintah untuk menarik pajak daerah, termasuk rumah kos. Sehingga, penyebarluasan produk hukum ini, wujud dari upaya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Makassar.

“Rumah Kos ini masuk pajak hotel. Setiap 10 kamar wajib bayar pajak 10 persen,” ucapnya.

Legislator Fraksi Nasdem ini, mengatakan, perda ini juga mengatur sanksi, sehingga pengelola rumah kos tertib. Oleh karena itu, dirinya mengajak warga untuk berperan aktif ikut mengawasi rumah kos di lingkungannya.

“Ada keikutsertaan masyarakat di situ, sehingga bisa melaporkan jika ada pengelola rumah kos yang melanggar. Misalnya, disinyalir ada unsur pidana seperti sabu-sabu atau yang pelanggaran lainnya,” papar Irwan Djafar.

Terpisah, Narasumber Kegiatan, Hariman, menilai, regulasi ini belum maksimal. Oleh karena itu, ia mengajak masyarakat untuk berperan aktif dengan ikut membantu pemerintah menyebarluaskan Perda tentang rumah kos.

“Tujuan perda ini agar masyarakat tahu. Makanya, saya ajak mereka (peserta sosialisasi) turut menyebarluaskan perda ini,” jelasnya.

Selain itu, sambung Kabid Pajak II Bapenda Makassar ini, regulasi terkait rumah kos ada dua. Yakni Perda nomor 10 tahun 2011 dan Perda nomor 2 tahun 2018 tentang Pajak Hotel dan Resto.

“Jadi kategori rumah kos yang kita pungut pajak itu jika ada 10 kamar yang dikelola. Tadi ada usulan menarik, dimana rumah kos wajib miliki alat pemadam. Ini akan kita tindaklanjuti,” jelasnya. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top