search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Pemkot Makassar Gandeng BPPOM Jaga Kualitas Makanan dan Produk

doelbeckz - Pluz.id Kamis, 10 Juni 2021 22:00
MOU. Wali Kota Makassar, Moh Ramadan Pomanto, melakukan MoU dengan BBPOM Makassar di Roof Top Aston Makassar, Kamis (10/6/2021). foto: humas pemkot makassar
MOU. Wali Kota Makassar, Moh Ramadan Pomanto, melakukan MoU dengan BBPOM Makassar di Roof Top Aston Makassar, Kamis (10/6/2021). foto: humas pemkot makassar

PLUZ.ID, MAKASSAR – Demi menjaga kualitas makanan dan produk yang beredar di Kota Makassar, Wali Kota Makassar, Moh Ramadan Pomanto, melakukan Momerandum of Understanding (MoU) dengan Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Makassar di Roof Top Aston Makassar, Kamis (10/6/2021).

Tak hanya dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar, BBPOM juga melakukan MoU dengan Kabupaten Wajo, Maros, Sinjai, Barru, Soppeng, dan Kabupaten Sidrap serta Kota Parepare.

MoU ini meliputi pengawasan dan tindak lanjut hasil pengawasan obat, penyelenggaraan komunikasi informasi dan edukasi kepada masyarakat, penyelenggaran tiga program nasional (pangan jajanan anak sekolah, pasar aman berbasis komunitas, gerakan keamanan pangan desa).

Tak hanya itu, kerja sama ini juga menyasar pelibatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), sarana pangan, kosmetika dan obat tradisional, pertukaan data fasilitas sarana produksi, distribusi pelayanan obat makanan dan peningkatan daya saing UMKM, serta pangan lokal spesifik.

Danny Pomanto menjelaskan, pemerintah daerah membutuhkan dukungan BPPOM strategisnya obat dan makanan. Dalam rangka food security. Karena makanan hari ini adalah bagian terpenting dari kehidupan semua pelosok negeri.

“Jadi kita harus awasi memang sejak dini peredaran makanan utamanya di sekolah-sekolah, kasihan generasi penerus kita, kalau mereka makan kerupuk yang digoreng bersama plastik. Ini merupakan bagian komitmen pemerintah mengawal dan saling bahu membahu agar memastikan semuanya aman konsumsi,” jelas Danny.

Tak hanya itu, ke depan Pemkot Makassar dan BPPOM akan memverifikasi semua makanan yang layak jual di kantin-kantin sekolah.

“Berawal dari kantin sekolah dulu. Kita akan beri sertifikat makanan yang layak jual. Semoga secepatnya terealisasi agar anak-anak kita terlindungi,” harapnya.

MoU ini dihadiri juga Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan, dan Kosmetik, Kepala BPPOM Makassar. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top