search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Inggris Singkirkan Jerman, Harry Maguire Jadi Peredam

doelbeckz - Pluz.id Rabu, 30 Juni 2021 11:00
Harry Maguire mendapat trofi Man of The Match. foto: uefa
Harry Maguire mendapat trofi Man of The Match. foto: uefa

Piala Eropa 2020

PLUZ.ID, MAKASSAR – Inggris melenggang ke perempat final Piala Eropa 2020. Tiket ini didapatkan The Three Lions usai menyingkirkan Jerman 2-0 pada babak 16 besar.

Bermain di Wembley, Rabu (30/6/2021) dini hari, Inggris sempat kesulitan mencetak gol hingga pertengahan babak kedua. Namun, masuknya Jack Grealish di menit ke-69 mengubah jalannya laga.

Gelandang Aston Villa ini, berperan dalam terciptanya dua gol kemenangan Inggris.

Ia merancang gol pertama yang dicetak Raheem Sterling di menit ke-75, lalu memberi assist kepada Harry Kane di menit ke-86.

Striker Inggris, Harry Kane, berhasil menyamai torehan Wayne Rooney bersama The Three Lions usai membobol gawang Jerman di Piala Eropa 2020.

Harry Kane menjadi salah satu aktor penting dalam kemenangan Inggris atas Jerman ini.

Selain memastikan Inggris lolos ke perempat final, gol tersebut juga membuat Harry Kane sukses menyamai catatan legenda Manchester United, Wayne Rooney.

Menurut data Opta Joe, Kane kini menyamai torehan gol Rooney di turnamen besar (Piala Eropa dan Piala Dunia) bersama timnas Inggris dengan 7 gol.

Jumlah gol penyerang Tottenham Hotspur itu hanya kalah dari Gary Lineker (10) dan Alan Shearer (9).

Kane telah mencetak 30 gol untuk Inggris di bawah asuhan Gareth Southgate; dalam sejarah tim nasional, hanya Gary Lineker yang mencetak lebih banyak gol di bawah satu manajer (35 di bawah Bobby Robson).

Harry Kane. foto: twitter @euro2020

Kapten Inggris, Harry Kane berbicara kepada BBC, mengaku, sangat senang bisa membantu negaranya lolos ke babak delapan besar Piala Eropa 2020 dengan menyingkirkan Jerman. Ia juga berjanji akan terus berusaha mencetak gol.

“Ini adalah hari yang luar biasa dan itu adalah pertandingan yang luar biasa. Mendengar Wembley seperti ini adalah momen yang tidak akan pernah kita lupakan. Ini sore yang sempurna. Kami akan menikmati yang ini tetapi kami memiliki satu pertandingan besar lainnya pada hari Sabtu sekarang,” katanya.

Kane mengaku mendapat pukulan di lutut tetapi menganggap itu hanya kontak biasa dan ia siap untuk laga berikutnya.

“Anda harus siap untuk kesempatan berikutnya. Jack [Grealish] melakukan umpan silang yang bagus dan saya bisa memasukkannya,” ujarnya dikutip dari BBC Live.

“Semua striker ingin mencetak gol. Sangat bagus untuk mencetak gol pertama saya di turnamen dan mudah-mudahan saya bisa mencetak lebih banyak dari sekarang sampai final,” lanjut penyerang Tottenham Hotspur tersebut.

“Tim mana pun akan melihat kami dan tahu bahwa kami berbahaya. Tentu saja kami ingin mencetak gol dan kami menjaga clean sheet. Kami harus melakukannya dengan benar pada hari Sabtu sekarang. Kami tidak dapat mematikannya. Kami ingin melangkah jauh jadi perlu mempertahankannya,” tegas Kane.

“Tidak ada yang lebih besar dari ini ketika harapan dan kami berhasil, jadi kami harus bangga tetapi kami tidak bisa berhenti di sini. Kami memiliki visi ke mana kami ingin pergi dan kami tidak bisa berhenti sekarang. Semoga kami akan kembali ke sini di semi-final dan final,” tambahnya.

Keberhasilan Inggris menyingkirkan Jerman tidak lepas dari peran bek Inggris, Harry Maguire, yang berhasil meredam serangan timnas Jerman saat kedua kubu saling berhadapan pada babak 16 besar Piala Eropa 2020. Penampilan sensasional ditunjukkan Harry Maguire pada pertandingan ini.

Salah satu catatan yang membuktikan Harry Maguire berhasil meredam serangan pasukan Joachim Loew adalah dengan tidak pernah dilewati pemain Jerman.

Harry Maguire juga membukukan beberapa catatan lain yang menunjukkan betapa kuatnya dia di jantung pertahanan The Three Lions.

Dilansir dari Squawka, sepanjang laga Harry Maguire membuat 66 sentuhan dan terhitung empat kali menyapu bola dari area pertahanan Inggris.

Penampilan Harry Maguire itu jelas sangat membantu Inggris.

Berkat performa menawan itu, timnas Inggris pun tidak kemasukan gol yang membuat The Three Lions mencatatkan empat clean sheet berturut-turut di Piala Eropa 2020.

Tak hanya itu, dengan berhasil tampil apik dan membuat pertahanan timnas Inggris kokoh, Harry Maguire juga sama saja membantu rekan setimnya untuk lebih fokus ketika menyerang.

Hasilnya, timnas Inggris lebih tenang dan leluasa ketika menyerang.

Akhirnya, ketenangan di pertahanan itu berperan membantu lini depan Inggris mencetak dua gol yang masing-masing diciptakan Raheem Sterling (75′) dan Harry Kane (86′).

Dengan performa seperti itu, tak salah rasanya jika Harry Maguire dinobatkan sebagai man of the match pertandingan Inggris melawan Jerman di babak 16 besar Piala Eropa 2020.

Selanjutnya, Inggris telah ditunggu Ukraina di perempat final yang akan berlangsung di Stadio Olimpico, Roma, Italia, Minggu 4 Juli 2021, dini hari WITA.

Susunan pemain

Inggris: Pickford, Walker, Stones, Maguire, Trippier, Rice (Henderson 88′), Phillips, Shaw, Saka (Grealish 69′), Kane, Sterling

Jerman: Neuer, Ginter (Can 88′), Hummels, Rudiger, Kimmich, Kroos, Goretzka, Gosens (Sane 88′), Havertz, Werner (Gnabry 68′), Muller (Musiala 90+2′). (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top