search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

JK Minta Kerelaan Penyintas Covid-19 Jadi Pendonor Plasma Konvalesen

doelbeckz - Pluz.id Sabtu, 03 Juli 2021 16:00
PENINJAUAN. Ketua Umum PMI, HM Jusuf Kalla, melakukan kunjungan ke Unit Donor Darah PMI DKI Jakarta untuk meninjau proses pelaksaan donor plasma konvalesen, Jumat (2/7/2021). foto: istimewa
PENINJAUAN. Ketua Umum PMI, HM Jusuf Kalla, melakukan kunjungan ke Unit Donor Darah PMI DKI Jakarta untuk meninjau proses pelaksaan donor plasma konvalesen, Jumat (2/7/2021). foto: istimewa

PLUZ.ID, JAKARTA – Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI), HM Jusuf Kalla, melakukan kunjungan ke Unit Donor Darah PMI DKI Jakarta untuk meninjau proses pelaksanaan donor plasma konvalesen, Jumat (2/7/2021).

Kunjungan ini untuk memastikan kesiapan PMI melayani proses donor darah plasma konvalesen, yang kini terus meningkat permintaannya. Hingga hari ini, permintaan plasma konvalesen mencapai 3.000 antrean secara nasional.

“Kita ingin melihat dan memastikan kemampuan PMI dalam melayani proses plasma darah konvalesen, karena tingginya permintaan,” katanya.

Jusuf Kalla (JK) menjelaskan, karena perminyaan yang tinggi, maka dibutuhkan jumlah pendonor khusus dari penyintas Covid-19 agar kebutuhan tersebut dapat terpenuhi.

“Palang Merah di berbagai provinsi di Indonesia mampu untuk melakukan proses donor plasma konvalesen,” ujarnya.

Jusuf Kalla yang didamping Sekjen PMI, Sudirman Said, menjelaskan, di seluruh Indonesia ada 237 Unit Donor Darah. 42 diantaranya mampu menyelenggarakan donor plasma.

“Kita memiliki 81 unit aperesis yang bisa mengolah plasma. Kapasitasnya bisa mencapai 1.000 donor per bulan.

“Saat ini yang diharapkan adalah kerelaan penyintas Covid-19 untuk menjadi donor plasma konvalesen. Peralatan kita siap,” tambah Jusuf Kalla.

Sejauh ini jumlah plasma darah yang telah disalurkan PMI, sudah mencapai sekitar 48 ribu kantong. Di lain pihak potensi donor plasma di Indonesia relatif besar, karena terdapat 1,8 juta jumlah penyintas Covid-19 di Indonesia. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top