search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Tips Tetap Sehat dan Bugar Ala Djusman AR di Tengah Pandemi Covid-19

doelbeckz - Pluz.id Kamis, 22 Juli 2021 19:20
Djusman AR. foto: doelbeckz/pluz.id
Djusman AR. foto: doelbeckz/pluz.id

PLUZ.ID, MAKASSAR – Tokoh anti korupsi, Djusman AR, seperti tak kenal lelah meski aktivitasnya sangat padat setiap harinya.

Djusman intens beraktivitas di luar rumah dalam hal pendampingan, pengawasan, dan investigasi serta pelaporan temuan dugaan korupsi.

Apalagi, saat ini diketahui keterlibatan lembaganya dalam mengawasi penyaluran Bantuan Sosial (Bansos) dan anggaran Covid-19, yang menuntut banyak berkunjung ke 24 kabupaten/kota se-Sulsel. Hal ini tentunya membutuhkan konsentrasi dan stamina yang tinggi. Apalagi, di tengah pandemi Covid-19.

Djusman yang memimpin beberapa lembaga antikorupsi, Direktur Lembaga Peduli Sosial Ekonomi Budsya Hukum & Politik (LP-SIBUK) Sulsel, Koordinator Badan Pekerja Komite Masyarakat Anti Korupsi (KMAK) Sulselbar, dan Koordinator Forum Komunikasi Lintas (FoKaL) NGO Sulawesi, selalu tampil bugar. Tak terlihat lelah walau mobilitasnya tinggi.

Bang Djus AR, demikian nama sapaannya, dikenal sebagai aktivis yang garang dan konsisten menyuarakan anti korupsi sebagai wujud peran sertanya dalam upaya memerangi praktek rasuah, tentunya tak jalan begitu saja di tengah wabah pandemi Covid-19 yang rentang merenggut nyawa manusia.

Tak sedikit yang bertanya-tanya apa rahasia di balik kebugarannya?

Soal pertanyaan itu, Bang Djus menjawab singkat. “Ah sama saja yang kalian konsumsi nasi putih, lauk dan sayur, dan kopi susu racikan warkop seperti ini,” katanya.

Jawaban Bang Djus tentu belum memuaskan. Terus didesak demi menjawab rasa penasaran masyarakat, Bang Djus akhirnya bersedia bercerita panjang lebar.

Berikut Penuturan Bang Djus:
Saya benar-benar merasakan khasiat setelah mengonsumsi jus Tradisional Makassar (Tradsar). Imun saya naik, tubuh saya terasa meningkat, stamina saya semakin berenergi. Semakin ringan rasanya tubuh ini untuk berkreasi dan melangkah ke manapun dalam beraktivitas.

Saya yang biasanya ada keluhan keletihan dan gangguan pencernaan, begitupun juga batuk-batuk kecil. Setelah saya mengkonsumsi jus tersebut, kondisi tubuh saya seperti ramaja belasan tahun yang tak ada keluhannya, bawaan dalam gerak tubuh betul-betul segar dan ringan, sehingga rasa percaya diri saya untuk tetap beraktivitas di tengah wabah ini semakin menguatkan spirit saya untuk mengadvokasi atau memperjuangkan pemenuhan hak-hak masyarakat. Ya tentunya saya selalu bergerak dengan tidak mengabaikan instruksi pemerintah, agar senantiasa berkesesuaian dengan protokol kesehatan.

Pokoknya hebat mentong jus itu. Jauh sebelum Covid-19 mewabah, kisaran Januari 2020, saya sudah mengkonsumsi ramuan herbal buah mengkudu tersebut hingga sekarang. Setiap hari setelah sarapan saya mengkonsumsi tiga sendok makan dan malam sebelum tidur tiga sendok. Khasiatnya top dan bahkan saya tidak pernah merasakan keletihan atau kecapean lagi dalam beraktivitas.

Adanya jus ini, sangat sejalan dengan program pemerintah, khususnya Program Makassar Recover, sebuah program yang diinisiasi Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto (Danny Pomanto). Alhamdulillah, Pak Danny cemerlang menindaklanjuti pandemi ini, yang tidak hanya membatasi kegiatan masyarakat, tetapi juga memberikan solusi untuk meningkatkan imunitas tubuh dengan menganjurkan rutin mengonsumsi suplemen, seperti Tradsar Sari Buah Mengkudu.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto bersama Wakil Wali Kota Makassar Fatmawati Rusdi memperlihatkan Tradsar Sari Buah Mengkudu. foto: istimewa

Tentu seorang wali kota tidak gegabah menganjurkan begitu saja. Beliau pasti memperhatikan aspek legal standing atas produk tersebut. Begitu pun aspek jaminan kesehatannya, mulai dari badan hukum, BPOM, dan izin edar. Dan tentu sudah berkonsultasi dengan ahli terkait apa saja manfaat serta khasiat Sari Buah Mengkudu.

Bahkan Pak Danny bersama keluarga sudah merasakan manfaat dengan rutin mengonsumsi Tradsar. Tak salah bila Pak Wali menganjurkan warganya untuk mengonsumsi jus ini, sebagai suplemen kesehatan terutama di masa pandemi ini.

Bukan hanya itu. Jus ini, juga sangat membantu pemerintah pusat dalam upaya menjaga herd immunity masyarakat. Karena Tradsar merupakan suplemen herbal yang sudah mendapat izin BPOM dan izin edar.

Bang Djus AR berpesan kepada keluarga, sahabat-sahabat juang, selamat mencoba jus tersebut demi imunitas tubuh. Jangan takut untuk mencoba dan mengkonsumsinya karena murni herbal 100 persen.

Dikutip dari tokopedia.com dan merdeka.com, setiap mengonsumsi 3,5 ons atau 100 mililiter (ml) jus mengkudu, nutrisi yang bisa kamu dapat adalah sebagai berikut:
Kalori: 47 kalori
Karbohidrat: 11 gram
Protein: Kurang dari 1 gram
Lemak: Kurang dari 1 gram
Gula: 8 gram
Vitamin C: 33 persen dari Angka Kecukupan Gizi (AKG)
Biotin: 17 persen AKG
Asam Folat: 6 persen AKG
Magnesium: 4 persen AKG
Potasium: 3 persen AKG
Kalsium: 3 persen AKG
Vitamin E: 3 persen AKG

Yang cukup mengesankan, ternyata mengkudu mengandung vitamin C tinggi yang seperti diketahui banyak bermanfaat untuk mendukung kesehatan tubuh kita sehari-hari. Untuk manfaat lebih jelasnya, simak uraian berikut ini.

Manfaat Mengkudu:
1. Kandungan Antioksidan Superior
Mengkudu adalah salah satu buah-buahan yang memiliki kandungan antioksidan tingkat tinggi. Di mana zat inilah yang membuatnya powerful.

Kandungan antioksidan di dalamnya membantu mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas.

2. Baik untuk Perokok Aktif & Pasif
Untuk diketahui, studi menyebt bahwa paparan asap tembakau dapat menghasilkan radikal bebas dalam jumlah berbahaya yang memicu kerusakan sel dalam tubuh.

Maka dari itu, jika di lingkungan sekitar kamu banyak terpapar asap rokok, mengonsumsi jus mengkudu bisa membantu melindungi sel tubuh dari kerusakan.

Yang penting untuk diperhatikan, mengkudu memang terbukti dalam penelitian mampu mengurangi kerusakan sel akibat radikal bebas asap rokok. Tapi, bukan berarti mendukung aktivitas merokok menjadi kebiasaan yang terus berulang.

Jika sudah ketergantungan, cobalah untuk menguranginya sedikit demi sedikit. Agar terlepas dari kebiasaan yang buruk untuk kesehatan ini.

3. Mendukung Kesehatan Jantung
Jus buah noni dapat mendukung kesehatan jantung dengan menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi peradangan.

Kolesterol baik memiliki banyak fungsi penting dalam tubuh kita. Sementara kolesterol jahat secara berlebihan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, seperti halnya peradangan kronis.

Satu studi yang melibatkan perokok berat menemukan bahwa mengonsumsi jus mengkudu secara rutin dalam satu bulan, mampu mengurangi kadar kolesterol jahat secara signifikan.

4. Memperkuat Daya Tahan Fisik (Imunitas)
Bagi kamu yang sering beraktivitas fisik dan olahraga berat. Mengkudu bisa membantu untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita.

Bagi para pekerja yang sering menempuh perjalanan jauh, mengonsumsi jus noni berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan agar tidak cepat lelah.

Mengkudu juga memiliki manfaat positif bagi yang sering menjalani aktivitas olahraga, dengan mengurangi risiko cedera dan kerusakan jaringan otot.

5. Meredakan Nyeri bagi Penderita Arthritis
Bagi penderita radang sendi atau arthritis, mengkudu adalah buah penyelamat yang bisa mengurangi rasa nyeri pada sendi secara efektif, bahkan hingga 60 persen!

Diketahui, sejak ribuan tahun buah mengkudu telah dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk efek penghilang rasa sakit akibat radang sendi. Dan, banyak penelitian telah mendukung hal ini.

6. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Seperti telah disebutkan sebelumnya bahwa mengkudu adalah sumber vitamin C yang bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh kita.

Vitamin C dalam buah noni mendukung sistem kekebalan tubuh dengan melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas dan racun yang berasal dari lingkungan sekitar kita.

Rutin mengonsumsi jus mengkudu selama delapan minggu terbukti meningkatkan aktivitas sel imun dan mengurangi tingkat stres oksidatif.

Tradsar Sari Buah Mengkudu. foto: doelbeckz/pluz.id

7. Menjaga Kesehatan Otak
Selain ampuh untuk sel tubuh, mengkudu juga melindungi sel otak dan menjaganya tetap sehat.

Kerusakan sel otak bisa dipicu oleh stres oksidatif yang dapat merusak neuron. Nah, kandungan antioksidan dalam buah nonilah yang mengindari hal ini terjadi.

8. Menangkal Kanker
Karena kandungan antioksidannya yang tinggi, noni juga mampu mencegah perkembangan sel kanker. Buah ini memiliki sifat yang merangsang kekebalan tubuh dalam memerangi tumor.

9. Baik untuk Sistem Pencernaan/Lambung
Nurtisi seperti vitamin A, protein, kalsium dan zat besi yang terkandung di dalam mengkudu bermanfaat bagi kesehatan sistem pencernaan.

Bagi kamu yang sulit Buang Air Besar (BAB) dengan rutin, mengkudu bisa membantu untuk mengatasinya dengan mengaktifkan sistem pencernaan, merelaksasi otot usus dan membersihkannya.

Jus mengkudu terbukti bermanfaat melalui dampaknya pada proses pengosongan lambung di mana makanan keluar dari lambung dan masuk ke duodenum.

Hasil penelitian yang dilakukan pada jus buah mengkudu mengungkapkan bahwa fitonutrien yang ada dalam jus mengkudu menunda pengosongan lambung yang memperlambat pencernaan yang mengakibatkan pelepasan gula yang lambat dalam aliran darah.

Jus mengkudu juga dapat merangsang pelepasan enzim pencernaan, cholecystokinin tanpa mengubah volume urin, feses, dan transit usus.

10. Buah Andalan Penderita Diabetes
Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Element-based Complementary and Alternative Medicine membuktikan bahwa konsumsi jus buah noni berkhasiat dalam mengatur peningkatan kadar gula darah pada pasien diabetes tipe II.

11. Mencegah Stres
Jus mengkudu diketahui efektif untuk membantu mengatasi stres dan melindungi fungsi kognitif otak. Reaksi kimia akibat stres bisa membahayakan tubuh, hal inilah yang bisa dihindari berkat konsumsi buah noni.

Di balik rupanya, ternyata apa yang terkandung di dalam buah mengkudu alias noni sangatlah melimpah. Jika tidak terbiasa rasa pahitnya, cobalah cari resep mengolah mengkudu dengan mencampurkan bahan lain yang tidak merusak nutrisi di dalamnya.

12. Perawatan Kulit/Kecantikan
Membantu menjaga kulit agar tetap sehat adalah manfaat jus buah mengkudu yang lainnya. Jus buah mengkudu dapat dianggap sebagai bantuan alami dalam hal kecantikan dan perawatan kulit.

Studi menunjukkan bahwa jus ini kaya akan konstituen kimia pelindung, antrakuinon yang memberikan efek stimulasi kolagen dan mencegah pembentukan kerutan pada kulit. Sifat anti-bakteri dan anti-inflamasi buah mengkudu bekerja pada tingkat sel dan berguna dalam menyembuhkan berbagai gangguan kulit termasuk jerawat, luka bakar, reaksi alergi kulit, dan gatal-gatal secara holistik.

Kehadiran asam lemak esensial dan konsentrasi tinggi komponen biokimia proxeronine, yang merupakan prekursor alkaloid xeronine dalam jus buah mengkudu juga mendukung fungsi membran sel yang efisien, cenderung menormalkan sel-sel abnormal, dan membantu memulihkan kulit agar tampak muda dan sehat.

13. Meredakan Gejala Asam Urat
Manfaat buah mengkudu dapat meredakan asam urat. Morinda Citrifolia atau jus buah mengkudu memiliki efek terapeutik yang luas. Salah satunya adalah untuk menyembuhkan asam urat.

Efektivitas jus mengkudu dalam menyembuhkan penyakit tersebut disebabkan oleh tindakan penghambatannya pada enzim xanthine oxidase yang terlibat dalam asam urat dan masalah yang terkait. Penelitian ilmiah yang dilakukan pada tahun 2009 juga mendukung efek kuratif dari jus mengkudu yang telah dipraktikkan selama ribuan tahun.

14. Mengurangi Kejang Otot
Jus buah mengkudu juga dapat membantu mengurangi kejang otot. Konsumsi jus buah mengkudu dapat membantu menciptakan efek relaksasi pada otot. Studi penelitian telah mengungkapkan sifat antispasmodik jus buah mengkudu yang mungkin disebabkan oleh blokade saluran kalsium yang bergantung pada tegangan dan sekresi kandungan kalsium intraseluler dalam tubuh.

Hal ini membantu dalam menekan kejang otot dan menenangkan rasa sakit dan ketidaknyamanan yang terkait dengan kejang tersebut.

15. Melindungi Organ Hati
Jus buah mengkudu juga dapat membantu melindungi organ hati. Buah mengkudu juga dikenal efektif dalam melindungi penyakit hati.

Seperti yang didukung penelitian, jus buah mengkudu melatih efek hepato-protektif pada hati yang membantu melindungi organ dari paparan bahan kimia eksogen kronis dan bertahan melawan penyakit utama seperti kerusakan hati. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top