search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Indira Ajak Partisipasi Masyarakat Dukung Gerakan Makassar Bebas TB

doelbeckz - Pluz.id Minggu, 08 Agustus 2021 18:00
Indira Jusuf Ismail (kiri). foto: istimewa
Indira Jusuf Ismail (kiri). foto: istimewa

PLUZ.ID, MAKASSAR – Ketua Forum Multi Sektor Eliminasi Tuberkulosis (TB) Kota Makassar, Indira Jusuf Ismail, dalam pertemuan Diseminasi Peraturan Swakelola Tipe 3 bagi Organisasi Pasien, Organisasi Masyarakat dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Makassar di Hotel Claro Makassar, Sabtu (7/8/2021), menyampaikan beberapa program Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar dalam upaya peningkatan taraf kesehatan masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

“Kondisi kesehatan masyarakat saat ini, dalam penanganan pandemi Covid-19, harus melaksanakan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) Level 5. Namun, pemerintah terus melakukan upaya untuk melindungi kesehatan masyarakat. Beberapa program inovasi, diantaranya Dottorota, Makassar Recover serta Isolasi Apung Terpadu yang mencakup tiga dimensi, yakni isolasi, penyembuhan, serta rekreasi untuk meningkatkan imun penderita,” ujarnya.

Selain pandemi Covid-19, hal yang juga mendapatkan perhatian, yakni tuberkulosis, dimana setiap tahunnya ada sekitar 5.000 kasus TB di Kota Makassar.

“Forum Multi Sektor Eliminasi Tuberkulosis ini, dibentuk dengan dukungan berbagai pihak dengan dinas kesehatan sebagai leading sector dan melibatkan USAID melalui program Mandiri TB,” lanjutnya.

Kegiatan yang digelar sebagai salah satu upaya agar para pengusaha dan organisasi masyarakat dapat bergandengan tangan memberikan dukungan secara nyata dalam kegiatan permasalahan Covid-19 dan TB di Kota Makassar.

“Dengan forum ini diharapkan adanya gerakan bersama untuk menciptakan Makassar bebas TB melalui aksi TOSS TB, yakni Temukan TB Obati Sampai Sembuh,” lanjutnya. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top