search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Pemkab Tolikara Gelar Musrenbang RKPD 2022

doelbeckz - Pluz.id Sabtu, 21 Agustus 2021 20:00
Usman G Wanimbo. foto: istimewa
Usman G Wanimbo. foto: istimewa

PLUZ.ID, TOLIKARA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tolikara menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Tahun 2022 di Aula Kantor Bappeda di Igari Karubaga, Kamis (19/8/2021).

Bupati Tolikara, Usman G Wanimbo, mengatakan, penyusunan RKPD 2022 memiliki beberapa tujuan, diantaranya sebagai arah pembangunan jangka pendek dan menjadi pedoman bagi seluruh pemangku kepentingan untuk mewujudkan tujuan pembangunan daerah Kabupaten Tolikara 2022.

“Musrenbang juga sebagai tolok ukur keberhasilan penyelenggaraan pemerintah daerah sekaligus menjadi dasar penilaian kepala SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) dalam melaksanakan pembangunan daerah sesuai dengan tugas, fungsi, kewenangan, dan tanggung jawab masing-masing dalam upaya mewujudkan visi misi dan program bupati terpilih,” katanya.

Usman Wanimbo menjelaskan, musrenbang juga menjadi sumber instrumen pelaksanaan fungsi pengawasan DPRD dalam mengendalikan penyelenggaraan pembangunan daerah serta menyalurkan aspirasi masyarakat sesuai prioritas dan sasaran program pembangunan yang ditetapkan dalam Peraturan Daerah (Perda) tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

Usman Wanimbo mengakui, tantangan pembangunan Kabupaten Tolikara ke depan semakin kompleks dan berat. Selain pandemi Covid-19 yang berdampak terhadap kesehatan dan ekonomi, Kabupaten Tolikara juga masih tetap fokus dalam peningkatan sarana dan prasarana publik yang merata.

“Segala gejolak bencana yang kita rasakan saat ini akibat adanya pandemi Covid-19 serta tantangan-tantangan pembangunan yang harus kita hadapi bersama dan tidak menjadi kendor dalam mewujudkan visi ‘Terwujudnya Tolikara yang Maju, Unggul, dan Mandiri,'” tegasnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bappeda Kabupaten Tolikara, Mufli Mu’saad, dalam pemaparan rancangan awal RKPD mengatakan, tema pembangunan Kabupaten Tolikara tahun 2022 adalah ‘Percepatan Pembangunan Infrastruktur serta Pemulihan Ekonomi dan Kesehatan Masyarakat’.

“Isu-isu strategis 2022 adalah peningkatan kualitas pelayanan dasar masyarakat, meningkatkan kualitas infrastruktur publik, pengurangan kemiskinan, dan reformasi birokrasi dan tata kelola pemerintahan,” tuturnya.

Sementara, Ketua Panitia Musrenbang RKPD Kabupaten Tolikara 2022, Edwina Astuti Siggana, mengatakan, maksud dan tujuan penyelenggaraan musrenbang adalah untuk memenuhi amanat Undang-Undang Nomor 25 tahun 2014 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Undang-Undang Nomor 2 tahun 2014 tentang Peemerintah Daerah, dan diubah dengan Peraturan Pemerintah pengganti Nomor 2 tahun 2014.

“Jadi RKPD merupakan penjabaran dari RPJMD yang memuat rancangan kerangka ekonomi daerah, prioritas pembangunan daerah, serta rencana kerja untuk satu tahun, berpedoman pada rencana kerja pemerintah dan program strategis nasional yang ditetapkan pemerintah pusat,” ucap Edwina Astuti.

Dalam kegiatan Musrenbang RKPD, Bupati Tolikara juga secara resmi me-launching salah satu program unggulan pembangunan daerah, Joshua (Jaminan Sosial Hari Tua). Melalui program ini, orang asli Tolikara yang telah memasuki lanjut usia, akan menerima bantuan pemerintah sebesar Rp5 juta setiap bulan.

Kegiatan Mesrenbang RKPD dan Launching Program Joshua Kabupaten Tolikara dihadiri Usman Wanimbo, Sekretaris Daerah (Sekda) Anton Warkawani bersama pimpinan Organidasi Perangkat Daerah (OPD), anggota DPRD, pimpinan Bank Papua, pihak keamanan, para kepala distrik, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, dan para lanjut usia penerima Kartu Program Joshua. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top