search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Danny Pomanto Bersama Bro Prof Bahas Sekolah Daring Menuju Pendidikan Berkualitas Tinggi

doelbeckz - Pluz.id Minggu, 22 Agustus 2021 21:00
Moh Ramdhan Pomanto. foto: istimewa
Moh Ramdhan Pomanto. foto: istimewa

PLUZ.ID, MAKASSAR – Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, menghadiri diskusi rutin yang diadakan forum Bro Prof beserta Asosiasi Profesor Indonesia (API) secara Virtual di kediaman Danny Pomanto, Jl Amirullah, Kota Makassar, Minggu (22/8/2021).

Danny menjelaskan, menurunnya kualitas pendidikan di Kota Makassar saat pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, tentunya menjadi perhatian serius pemerintah.

Menurutnya, dari hasil penelitian yang dilakukan, hanya 10 hingga 20 persen guru yang mampu beradaptasi dalam mengembangkan inovasinya saat pembelajaran secara daring.

“Sisanya yang hampir 80 persen, guru tidak mampu beradaptasi, mereka menganggap, sekolah daring itu merupakan kesulitan. Padahal, 20 persen guru-guru mengatakan inilah cara tempat berinovasi, nah inilah yang mesti kita cari,” ucapnya.

Danny menuturkan, salah satu solusi mengatasi hal ini, yakni dengan memperbaiki kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) guru-guru itu sendiri.

“Jalan keluar adalah kita harus terus mendidik mereka untuk meningkatkan kompetensi secara tersistem. Kita bisa lihat kondisi fenomena lurah, apalagi fenomena kepala sekolah kemudian fenomena guru itu sendiri yang betul kita harus sedikit lebih tegas lebih jelas,” ujarnya.

Danny mengatakan, saat ini kesejahteraan guru luar biasa sekali, dengan adanya tunjangan sertifikasi yang mereka terima.

“Tetapi justru sertifikasi yang mereka terima, tidak membantu mempertinggi kualitas guru, ini yang harus kita perbaiki,” tegasnya.

Danny menambahkan, saat periode pertama pemerintahannya dari 0 Adiwiyata kemudian mampu meraih hampir 100 Adiwiyata.

“Oleh karena itu, saya sementara menyusun dengan meminta pendapat para profesor. Ini sudah sesi ketiga, membahas menuju pendidikan berkualitas tinggi, sesi keempat tetap membahas masalah pendidikan,” terangnya. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top