search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Dorong Peningkatan Kompetensi Guru, SDN Mangkura 1 Gelar IHT

doelbeckz - Pluz.id Jumat, 24 September 2021 11:00
Muhammad Aris SPd MPd (tengah). foto: istimewa
Muhammad Aris SPd MPd (tengah). foto: istimewa

PLUZ.ID, MAKASSAR – SDN Mangkura 1 Kota Makassar menggelar In House Training (IHT) dalam rangka peningkatan kompetensi guru untuk penyusunan perangkat pembelajaran, Kamis (23/9/2021).

Kegiatan IHT ini dibuka langsung kepala SDN Mangkura I Makassar, Nirwati Rata Paembonan SPd MPd.

Dalam sambutannya, Nirwati menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Dia berharap, kegiatan serupa tetap berlanjut secara rutin.

“Semoga kegiatan-kegiatan seperti ini bisa berkelanjutan dan membawa manfaat bagi guru semuanya dan dapat diimplementasikan pada saat melaksanakan proses pembelajaran,” harapnya.

Sementara, Ketua Panitia IHT, Muhammad Aris SPd MPd, mengatakan, pelaksanaan IHT bertujuan meningkatkan kemampuan guru, baik menyusun maupun merevisi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik.

Selain itu, kegiatan tersebut dalam rangka mewujudkan Kepala Sekolah yang memenuhi persyaratan sebagaimana tercantum dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 13 tahun 2007 tentang Standar Kompetensi Kepala Sekolah/Madrasah, maka setiap Calon Kepala Sekolah (CKS) harus menempuh pendidikan dan Pelatihan Calon Kepala Sekolah (PPCKS).

Salah satu kegiatan dalam diklat CKS adalah On The Job Treaning 2 (OJT) yang memuat lima kegiatan pokok, yaitu Rencana Tindakan Kepemimpinan (RTK), Penyusunan Perangkat Pembelajaran, Supervisi Guru Yunior, Kajian sembilan aspek manajerial, dan Peningkatan kompetenti berbasis Analisis Kebutuhan Pengembangan Keprofesian (AKPK).

“Khusus kegiatan RTK merupakan penjabaran rencana pengembangan sekolah secara operasional yang di dalamnya memuat tindakan-tindakan kepemimpinan Calon Kepala Sekolah dalam menjalankan program/kegiatan untuk peningkatan kinerja sekolah,” papar Aris.

RTK menjadi kegiatan yang sangat penting dalam OJT. Kemudian daripada itu, diketahui bahwa kemampuan guru di SDN Mangkura 1 Makassar masih perlu ditingkatkan terutama dalam penyusunan perangkat pembelajaran yang mana RPP itu bahagian yang sangat penting dalam pelaksanaan pembelajaran.

Kegiatan ini diikuti seluruh guru SDN Mangkura I Makassar dan anggaran yang digunakan adalah bersumber dari dana BOS dan sumber dana lainnya.

Salah satunya, Andi Wirdayani SPd, yang juga sebagai CKS yang menyampaikan, kegiatan IHT peningkatan kompetensi guru ini berharap berjalan sesuai dengan rencana dan menghasilkan produk perangkat pembelajaran yang mampu meningkatkan rasa percaya diri peserta didik.

“Jadi saya sangat berharap dengan kegiatan ini mampu memberikan tambahan pengetahuan khususnya penyusunan RPP dengan memperhatikan langkah-langkah yang benar,” katanya.

“Era sekarang ini pendidikan perlu memperhatikan kebutuhan peserta didik. Pembelajaran berdiferensiasi merupakan pembelajaran yang mengakomodasi dari semua perbedaan murid, terbuka untuk semua dan memberikan kebutuhan-kebutuhan yang dibutuhkan setiap individu,” tambahnya. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top