search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Danyon Brimob Bone Cek Lahan Persiapan Markas Baru di Bulukumba

doelbeckz - Pluz.id Senin, 11 Oktober 2021 20:00
PENINJAUAN. Danyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel, Kompol Nur Ichsan (kedua kiri), saat meninjau langsung lahan bakal markas baru kompi Brimob yang terpisah dengan Mako Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel di Kabupaten Bulukumba, Senin (11/10/2021). foto: istimewa
PENINJAUAN. Danyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel, Kompol Nur Ichsan (kedua kiri), saat meninjau langsung lahan bakal markas baru kompi Brimob yang terpisah dengan Mako Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel di Kabupaten Bulukumba, Senin (11/10/2021). foto: istimewa

PLUZ.ID, BULUKUMBA – Komandan Batalyon (Danyon) C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel, Kompol Nur Ichsan, usai memimpin apel pagi personel Brimob Bone di Mako Batalyon C Pelopor, langsung meninggalkan Mako bersama Pasi Log Batalyon C Pelopor dengan menggunakan kendaraan dinas menuju Kabupaten Bulukumba, Senin (11/10/2021).

Keberangkatan Danyon Brimob Bone ke Bumi Panri ta Lopi ini, untuk berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulukumba, yakni Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Andi Syamsul Mulhayat serta meninjau langsung lahan bakal markas baru kompi Brimob yang terpisah dengan Mako Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel di Kabupaten Bulukumba.

Setelah berkoordinasi dan meninjau lokasi lahan yang ditunjuk Pemkab Bulukumba guna pembangunan Mako Brimob Batalyon C Pelopor, ternyata ada sejumlah kendala terkait penggunaan lahan tersebut.

Pasalnya, lahan yang ditunjuk Pemkab Bulukumba tersebut merupakan lahan kawasan hutan (tanah hutan rakyat), dimana berdasarkan peraturan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk pemanfaatan dibenarkan, namun hanya sebatas kerja sama dan tidak bisa dihibahkan. Hal ini bertolak belakang dengan syarat pembangunan Mako Brimob yang mewajibkan lahannya harus bersertifikat atau merupakan hibah dari Pemerintah Daerah (Pemda).

Dengan adanya kendala tersebut Danyon menyampaikannya kepada Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf. Menanggapi hal tersebut Bupati Bulukumba mengatakan, akan berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel terkait lahan aset milik Provinsi Sulsel yang terletak di Desa Harapan, Kecamatan Rilau Ale, Kabupaten Bulukumba.

“Insya Allah, saya akan koordinasi dengan Pemprov Sulsel terkait aset pemprov yang ada di Bulukumba, semoga ada solusi untuk penyiapan lahan tersebut,” ujar Bupati Bulukumba saat dihubungi Danyon via telepon.

Menanggapi hal ini, Danyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel, Kompol Nur Ichsan, berharap Pemkap Bulukumba dapat segera merealisasikan lahan untuk Markas Kompi Brimob di Bulukumba demi mendukung pelaksanaan tugas operasional ke depan.

“Kami berharap penyediaan lahan untuk markas Kompi Brimob dapat segera terealisasi sehingga bisa mendukung pelaksanaan tugas operasional Batalyon C Pelopor dalam menjaga kondusifitas Kamtibmas pada wilayah back up kami khususnya di Kabupaten Bulukumba,” ungkap Kompol Nur Ichsan

Danyon C Pelopor menambahkan, apabila lokasi tersebut telah direalisasikan Pemkab Bulukumba, maka akan langsung diusulkan untuk pembangunan markas Kompi 1 Batalyon C Pelopor.

“Untuk pengembangan ke depan, selain di Bulukumba kami juga mengusulkan adanya penambahan Kompi Brimob di Kabupaten Wajo, sehingga di Kabupaten Bone akan menjadi Mako Batalyon dan dua kompi pasukan,” jelas Nur Ichsan.

Dalam kegiatan peninjauan lahan persiapan Mako Kompi Brimob di Bulukumba, Danyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kabupaten Bulukumba Andi Syamsul Mulhayat serta Pasi Log Batalyon C Pelopor Iptu Arifuddin. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top