search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Mengenal Lebih Dalam Mengenai Rekam Jejak Digital

doelbeckz - Pluz.id Senin, 08 November 2021 23:45
Ilustrasi. foto: istimewa
Ilustrasi. foto: istimewa

Literasi Digital Sulawesi 2021

PLUZ.ID, BANGGAI – Rangkaian Program Literasi Digital ‘Indonesia Makin Cakap Digital’ di Sulawesi, yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dan Siberkreasi bersama Dyandra Promosindo, dilaksanakan secara virtual di Banggai, Sulawesi Tengah, Senin (8/11/2021).

Kolaborasi ketiga lembaga ini, dikhususkan pada penyelenggaraan Program Literasi Digital di wilayah Sulawesi. Pada program ini juga bekerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Luwuk. Tema yang diusung, yaitu ‘Membangun Demokrasi di Dunia Digital’.

Acara hari ini dipandu Andi Angio selaku moderator serta menghadirkan empat narasumber, diantaranya Yonggi Mikama selaku Pemusik dan Spesialis Sosial Media, Kisman Kapinda selaku Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Luwuk, Gunawan Primasatya selaku Founder Tana Poso Digital Media dan Edupreneur, serta Lady Diana Khartiono selaku dosen Unismuh Luwuk dan Entrepreneur. Pada webinar kali ini diikuti 1.359 peserta dari berbagai kalangan umur dan profesi.

Acara dimulai dengan sambutan berupa video dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang menyalurkan semangat literasi digital untuk kemajuan bangsa.

Beranjak ke sesi pemaparan, narasumber pertama yaitu Yonggi Mikama membawakan tema ‘Positif, Kreatif, dan Aman di Internet’.

Yonggi mengatakan, sebagai mahasiswa, dituntut untuk dapat memperkenalkan bagaimana cara berinternet yang aman kepada masyarakat sebagai realisasi dari Tridharma Perguruan Tinggi.

“Payung hukum di UU ITE sudah ada, tinggal bagaimana kita menindaklanjuti dengan menerapkan internet sehat,” ujarnya.

Selanjutnya, Kisman Kapinda selaku pemateri kedua membawakan tema ‘Cakupan Etika Dunia Digital’.

Kisman menjelaskan, kita dapat membuat konten yang positif dengan berbagai cara, misalnya membuat tutorial bermain game, review produk, cover musik, atau bercerita mengenai hal mistis.

“Ada hal yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan di internet. Salah satu yang diperkenankan adalah mengunggah materi konten yang informatif, edukatif, dan hiburan,” terangnya.

Tema yang dibawakan Gunawan Primasatya sebagai pemateri ketiga adalah ‘Mengenal Lebih Jauh Cara Menyuarakan Pendapat di Dunia Digital’.

Ia menegaskan, kebebasan harus berbanding lurus dengan tanggung jawab. Dalam dunia digital, kalimat tersebut berarti meskipun internet bebas digunakan, namun terdapat payung hukum yang melindunginya, sehingga perlu diimbangi dengan tanggung jawab.

“Positive culture yang kita bangun di media sosial harus berangkat dari semangat bahwa kita hadir di sosial media itu karena ingin berkontribusi membagikan konten positif dan ini yang akan menjadi jejak digital kita di internet,“ tutur Gunawan.

Adapun, pemateri terakhir adalah Lady Diana Khartiono dengan tema ‘Kenali dan Pahami: Rekam Jejak di Era Digital’.

Lady menjelaskan, dua jenis jejak digital, yaitu aktif dan pasif. Jejak digital tersebut tidak dapat benar-benar terhapus dari internet.

“Maka, penting disadari bahwa semua yang dilakukan secara daring akan terdeteksi dengan berbagai cara,” jelasnya.

Setelah sesi pemaparan selesai, moderator membuka sesi tanya jawab yang disambut hangat para peserta. Hal ini terlihat dari banyaknya pertanyaan yang dilontarkan kepada para narasumber.

Sepuluh penanya beruntung akan mendapatkan uang elektronik masing-masing sebesar Rp100.000 dari panitia.

Salah satu peserta, Bryan, bertanya mengenai seberapa besar kita dapat menjaga privasi saat menyuarakan pendapat di internet.

Menurut Yonggi, dalam berpendapat di internet, harus tetap menjaga sopan santun dan tidak menyinggung SARA.

“Tidak semua hal dapat kita suarakan di internet, sehingga tidak semua orang dapat mengakses privasi kita,” imbuhnya.

Program Literasi Digital ‘Indonesia Makin Cakap Digital’ di Sulawesi akan diselenggarakan secara virtual mulai Mei 2021 hingga Desember 2021 dengan berbagai konten menarik dan informatif yang disampaikan narasumber terpercaya.

Bagi masyarakat yang ingin mengikuti sesi webinar selanjutnya, silakan kunjungi https://www.siberkreasi.id/ dan akun sosial media @Kemenkominfo dan @siberkreasi, serta @siberkreasisulawesi khusus untuk wilayah Sulawesi. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top