search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

HUT Korps Brimob Ke-76, Danyon C Pelopor Berpartisipasi dengan Beragam Kegiatan

doelbeckz - Pluz.id Minggu, 14 November 2021 19:00
Kompol Nur Ichsan. foto: istimewa
Kompol Nur Ichsan. foto: istimewa

PLUZ.ID, MAKASSAR – Brigade Mobil (Brimob) Polri, hari ini, Minggu (14/11/2021), tepat berusia 76 tahun. Kesatuan berlambang teratai ini, telah melalui proses perjalanan panjang, sehingga bisa eksis dalam pengabdian kepada bangsa Indonesia sampai saat sekarang ini.

Menilik dari sejarah terbentuknya Brimob, yakni pada masa penjajahan Jepang. Pada masa itu, Jepang membentuk tenaga cadangan yang dapat digerakkan dengan cepat yang dikenal dengan nama Tokubetsu Keisatsu Tai (Polisi Istimewa). Pasukan ini pun menjadi cikal bakal terbentuknya Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri).

Tokubetsu Keisatsu Tai yang beranggotakan Polisi muda serta memiliki persenjataan yang lebih lengkap dari Polisi biasa, maka disebut mereka adalah pasukan yang terlatih, berdisiplin tinggi dan terorganisasi dengan baik.

Pada 14 November 1946 Polisi istimewa dilebur menjadi Mobile Brigade (Mobrig), dan pada 14 Nopember 1961 yang bertepatan HUT Brimob ke-16, Presiden Republik Indonesia pada masa itu, Soekarno, menganugrahkan Pataka ‘Nugraha Cakanti Yana Utama’ sebagai penghargaan pemerintah atas pengabdian dan kesetiaan Mobrig yang mana merupakan anugerah dan penghargaan tertinggi dan pertama dalam sejarah Kepolisian Republik Indonesia. Dan pada saat itu juga Mobrig resmi berubah nama menjadi Brigade Mobil (Brimob) sampai sekarang.

Di momen Hari Ulang Tahun (HUT) Brimob tahun ini, dengan tema ‘Terlatih, Tangguh dan Responsif’ digelar acara tradisi secara virtual dengan menerapkan protokol kesehatan, namun tidak mengurangi makna dari perayaan HUT Korps Brimob itu sendiri.

Acara tradisi yang dipusatkan di Mako Korps Brimob Polri ini, dipimpin langsung oleh Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dan diikuti jajaran Satuan Brimob Polda se Indonesia.

Untuk acara syukuran HUT ke-76 Korps Brimob Polri jajaran Sat Brimob Polda Sulsel dilaksanakan di Mako Detasemen Gegana Satbrimob Polda Sulsel, Jl Sultan Alauddin, Kota Makassar yang dihadiri Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, Wakabaintelkam Polri Irjen Pol Merdisyam, Wakapolda Sulsel Brigjen Pol CH Patoppoi, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto, Bupati Gowa Adnan Puricta Ichsan, Dansat Brimob Polda Sulsel, Kombes Pol Muhammad Anis PS, para Danyon Pelopor Jajaran Satbrimob Polda Sulsel serta undangan lainnya.

Komandan Batalyon (Danyon) C Pelopor, Kompol Nur Ichsan, usai acara mengatakan, untuk memaknai HUT Brimob ini, pihaknya (Batalyon C Pelopor) telah melaksanakan serangkaian kegiatan sosial diantaranya, bersih-bersih pantai dan penanaman pohon mangrove, kerja bakti pembersihan rumah ibadah, donor darah, serbuan vaksin Covid-19, pembagian sembako dan anjangsana ke Purnawirawan dan Warakawuri serta panti asuhan di Kabupaten Bone.

“Alhamdulillah, kegiatan yang kita laksanakan tersebut mendapat respon positif dari masyarakat dan untuk kegiatan vaksinasi, antusias dari warga cukup tinggi sehingga kami dapat melampaui jumlah yang ditargetkan,” ujarnya.

Nur Ichsan menambahkan, selain dilaksanakan terpusat di Mako Detasemen Gegana, seluruh anggota yang ada di Mako Batalyon tetap mengikuti acara tradisi dalam rangka HUT Brimob secara virtual melalui channel Youtube Humas Korps Brimob Polri. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top