search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Valentino Rossi Pensiun dari MotoGP

doelbeckz - Pluz.id Senin, 15 November 2021 21:00
PENSIUN. Valentino Rossi diarak usai melakoni balapan terakhirnya di MotoGP Valencia, Minggu (14/11/2021). foto: istimewa
PENSIUN. Valentino Rossi diarak usai melakoni balapan terakhirnya di MotoGP Valencia, Minggu (14/11/2021). foto: istimewa

PLUZ.ID, MAKASSAR – Valentino Rossi pensiun dari arena balap motor grand prix.

Per Minggu (14/11/2021) The Doctor resmi mengakhiri balapan pamungkasnya di seri MotoGP Valencia.

Setelah 25 tahun berkiprah di balap motor, Rossi akhirnya pensiun saat usianya 42 tahun.

Rossi finis ke-10 di balapan Valencia. Rossi total mengoleksi 44 poin di MotoGP 2021. Ia menempati peringkat ke-18 di klasemen akhir.

Italiano itu tak mampu menggenapi catatan podiumnya menjadi 200, tertahan di angka 199.

Kini Rossi menyandang status sebagai legenda MotoGP.

Momen perpisahan berlangsung penuh emosi. Sejumlah tokoh tampak hadir dalam balapan tersebut, diantaranya mantan-mantan rival Rossi di masa jayanya, seperti Max Biaggi dan Casey Stoner. Bahkan, tampak pula mantan pesepakbola bintang Inter Milan Ronaldo Luis Nazario de Lima.

Para rider yang berlaga dalam race itu tak ketinggalan memberikan penghormatan. Rider Ducati, Francesco ‘Pecco’ Bagnaia, yang meraih podium 1 secara khusus mempersembahkan kemenangannya untuk sang legenda, Rossi, yang dalam race ini finish di urutan ke-10.
Usai balapan, hampir seluruh pembalap berhenti di beberapa titik, mengerumuni Rossi untuk memberikan pelukan perpisahan.

Rossi juga melayangkan senyuman dan lambaian tangan kepada seluruh penonton di sepanjang sirkuit.

Sesampai di paddock, Rossi tidak hanya disambut timnya, tapi juga hampir seluruh tim dan pabrikan lain, Suzuki bahkan membentangkan spanduk salam perpisahan.

“Saya tidak menyangka bisa menjadi akhir pekan seperti ini,” ucap rider Petronas Yamaha SRT ini.

“Saya sangat khawatir untuk akhir pekan ini karena saya tidak tahu bagaimana perasaan saya dan ada banyak tekanan dengan banyak hal yang harus dilakukan. Luar biasa, saya menerima banyak energi positif dari semua orang di paddock dan saya mendapat banyak kejutan besar; dari melihat semua motor saya pada hari Kamis, hingga semua pembalap VR46 Academy dengan helm saya hari ini,” sambung pembalap asal Italia ini penuh haru.

“Saya juga senang karena saya bisa kuat baik di kualifikasi kemarin maupun di balapan hari ini, finis di 10 besar.Saya sangat menikmatinya dan itu adalah cara terbaik untuk finis. Saya berada di 10 besar pembalap terbaik di dunia dan itu berarti segalanya, karena hasil ini tidak akan pernah berubah. Saya juga menikmati perayaan setelah balapan. Itu adalah karir yang panjang dan saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang,” serunya.

Pun di media sosial, momen perpisahan Rossi juga banyak diperbincangkan. Di Twitter, tagar #GrazieVale bertengger di urutan teratas, disusul ‘Rossi’ di urutan kedua.

Bukan cuma bagi penggemar, momen pensiun juga terasa sangat emosional bagi Rossi sendiri. Saat mengumumkan keputusannya untuk pensiun, Rossi mengaku sangat terharu.

“Saya selalu ingat hari ini seperti mimpi buruk karena ini akhir dari karier panjangku. Saya pikir bisa terjadi di Valencia. Saya selalu menikmatinya, terima kasih semuanya, karier panjang adalah sebuah kepuasan,” kata Rossi.

Di trek, Rossi punya catatan 432 balapan, dengan 372 kali ia lakoni di kelas tertinggi (500 cc/MotoGP). Sebanyak 115 kemenangan ia raih, dengan 89 ia dapatkan di kelas tertinggi, dari 199 podium.

Dari statistik itu, Rossi bisa menyabet sembilan gelar juara dunia. Rinciannya, sekali di kelas 125 cc dan 250 cc, dan sisanya di kelas tertinggi (500 cc/MotoGP). Terima Kasih Rossi, #GrazieVale. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top