search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

AIA Prihatin Kondisi Desa Patanyamang di Maros, Terpencil Tanpa Jaringan Telepon dan Internet

doelbeckz - Pluz.id Minggu, 21 November 2021 18:00
KUNJUNGAN DAPIL. Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Andi Iwan Darmawan Aras, bersama rombongan berjalan kaki saat melakukan kunjungan dapil di Desa Patanyamang, Kecamatan Camba, Kabupaten Maros, Sulsel. foto: istimewa
KUNJUNGAN DAPIL. Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Andi Iwan Darmawan Aras, bersama rombongan berjalan kaki saat melakukan kunjungan dapil di Desa Patanyamang, Kecamatan Camba, Kabupaten Maros, Sulsel. foto: istimewa

PLUZ.ID, MAROS – Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Andi Iwan Darmawan Aras, prihatin dengan kondisi Desa Patanyamang yang tanpa jaringan telepon dan internet.

Desa Patanyamang, salah satu desa terpencil yang ada di Kecamatan Camba, Kabupaten Maros, Sulsel.

Keprihatinan itu disampaikan Andi Iwan Aras saat kunjungan Daerah Pemilihan (Dapil) di desa tersebut.

AIA, sapaan akrab Andi Iwan Aras, pun merasakan langsung kondisi itu, semua akses jaringan eror saat berada di lokasi ini.

Andi Iwan Aras yang datang bersama rombongan, Kamis (28/11/2021) malam, menginap di Dusun Mangai, salah satu rumah warga. Kehadirannya disambut hangat.

Ketua Partai Gerindra Sulsel ini, mendatangi desa terpencil, selain menikmati suasana desa, juga mendengarkan langsung aspirasi warga setempat.

Mendatangi desa-desa terpencil bukan kali pertama dilakukan Andi Iwan Aras. Sebelumnya, sudah ada beberapa desa yang didatangi di kabupaten berbeda di Sulsel.

PENINJAUAN. Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Andi Iwan Darmawan Aras, bersama rombongan meninjau sejumlah titik saat melakukan kunjungan dapil di Desa Patanyamang, Kecamatan Camba, Kabupaten Maros, Sulsel. foto: istimewa

Setiap kunjungan dapil, Andi Iwan Aras mengaku, beragam masalah yang dikeluhkan warga. Kebanyakan mengeluhkan soal infrastruktur jalan dan pertanian.

Andi Iwan Aras menyebut, seperti irigasi persawahan, jembatan, dan jalan yang sudah mulai memprihatinkan.

Namun, berbeda yang ditemukan di Desa Patanyamang. Warga setempat selain mengeluhkan infrastruktur juga mengeluhkan sulitnya akses jaringan.

Anggota DPR RI dua periode ini, menegaskan, akan memperjuangkan setiap keluhan warga selama berada dalam tugas dan tanggung jawab komisinya.

“Kita prihatin dengan kondisi yang dirasakan warga di sini. Untuk berkomunikasi via telepon harus naik ke bukit pegunungan dulu mencari jaringan,” ujar Andi Iwan Aras, Minggu (21/11/2021).

Era digital seperti ini, katanya, seharusnya semua desa-desa tepencil sudah bisa menikmati fasilitas jaringan. Biar warga dapat memanfaatkan kecanggihan teknologi dan kemajuan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Kita berharap semua daerah itu sudah tersentuh jaringan. Pemerintah seharusnya kan sudah memikirkan itu. Apalagi, di desa ini ada sekolah SD, SMP,” beber Ketua Kadin Sulsel ini.

SILATURAHMI. Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Andi Iwan Darmawan Aras, silaturahmi bersama warga saat melakukan kunjungan dapil di Desa Patanyamang, Kecamatan Camba, Kabupaten Maros, Sulsel. foto: istimewa

Bantuan Bedah Rumah

Kepala Dusun Mangai, Abdul Rahman, menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Andi Iwan Aras. Diakui, kehadirannya di Dusun Mangai merupakan sejarah.

“Ini baru pertama kali ada anggota DPR RI yang datang di desa ini,” beber Abdul Rahman di hadapan warga lainnya.

Abdul Rahman mengetahui Andi Iwan Aras duduk di Komisi V DPR RI membidangi infrastruktur yang memiliki mitra kerja dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berharap desanya mendapat bantuan program bedah rumah.

Abdul Rahman mengungkapkan, di Desa Patanyamang, khususnya di Dusun Mangai beberapa rumah sudah tidak layak huni, sehingga bisa mendapat bantuan bedah rumah.

“Dan, Alhamdulillan Puang Iwan merespon permintaan kami. Kami diberikan bantuan bedah rumah,” jelasnya.

Sekedar diketahui, Desa Patanyamang memiliki 1.500 penduduk. Di sana terdapat SD dan SMP. Sementara aktivitas warga lebih banyak disibukkan dengan pertanian. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top