search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

GP Ansor Sulsel Gandeng BNI Pendampingan UMKM

doelbeckz - Pluz.id Sabtu, 27 November 2021 12:00
PENDAMPINGAN UMKM. Pimpinan Wilayah GP Ansor Provinsi Sulsel bekerja sama dengan Bank BNI Wilayah Makassar menyelenggarakan pelatihan pendampingan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Hotel Kenari Makassar, Senin (22/11/2021). foto: istimewa
PENDAMPINGAN UMKM. Pimpinan Wilayah GP Ansor Provinsi Sulsel bekerja sama dengan Bank BNI Wilayah Makassar menyelenggarakan pelatihan pendampingan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Hotel Kenari Makassar, Senin (22/11/2021). foto: istimewa

PLUZ.ID, MAKASSAR – Pimpinan Wilayah Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) Provinsi Sulsel bekerja sama dengan Bank BNI Wilayah Makassar menyelenggarakan pelatihan pendampingan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Hotel Kenari Makassar, Senin (22/11/2021).

Pimpinan Pusat GP Ansor, Adin Jauharuddin, melalui keterangan resmi, Sabtu (27/11/2021), mengatakan, pelatihan pendampingan UMKM Ansor ini, dilakukan guna mengembangkan berbagai inovasi dan kolaborasi ekonomi dengan berbagai mitra strategis, yaitu mengembangkan berbagai usaha ekosistem ritel.

Diantaranya pengembangan usaha 1.000 lokasi pertashop, pengembangan usaha agen BNI 46, pembiayaan UMKM melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR), pengembangan agen pos, pengembangan jajaring Ansor Ritel, dan pelatihan pendampingan UMKM Ansor bersama BNI.

Oleh karena itu, GP Ansor berinisiatif untuk melakukan program-program yang bisa dirasakan langsung seluruh kader, dengan berkolaborasi dengan beberapa BUMN.

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan kreatif, inovatif dalam menjalankan pemulihan ekonomi, khususnya di sektor usaha kecil menengah,” ujarnya.

“Kolaborasi program antara Ansor dan BNI ini tentu sangat bermanfaat dalam meningkatkan kapasitas usaha baik dari sisi pemberdayaan manusia, akses pembiayaan, akses pasar, teknologi, maupun jaringan UMKM,” sambung mantan Ketua Umum PB PMII ini.

Adin berharap, UMKM Ansor bisa naik kelas, lebih berdaya, adaptif, dan mampu menyerap tenaga kerja di lingkungannya.

Selain itu, semangat membangkitkan ekonomi Ansor ini tidak terlepas dari cita-cita para pendiri NU, yaitu semangat membangkitkan Nahdlatut Tujar. Jihad penguatan ekonomi ini menjadi penting dalam rangka memperkuat peran organisasi dan keummatan.

“Kami berharap kader-kader Ansor dengan segala potensi yang dimiliki, mampu bangkit dari keterpurukan akibat pandemi Covid-19,” jelasnya.

Ketua PW GP Ansor Sulsel yang diwakili Sumarno mengatakan, GP Ansor Sulsel berterima kasih kepada Bank BNI atas fasilitas kerja samanya, sehingga pelatihan ini bisa terlaksana

Dengan Pelatihan ini PC Ansor se-Sulsel bisa bisa menjadi harapan bersama untuk kemandirian ekonomi di tingkat kabupaten/kota.

“Saya tekankan kepada para Pimpinan Cabang Ansor se-Sulse agar serius mengikuti pelatihan ini, agar cita-cita membangun ekonomi umat khususnya Ansor bisa tercapai,” ucap Sumarno.

Sementara, Ketua GP Ansor Kabupaten Gowa, Fatahuddin, memberikan ucapan terima kasih kepada Pimpinan Pusat Ansor, yang telah membuka kesempatan kepada kader untuk lebih maju dalam kemandirian ekonomi.

“Kami di Pimpinan Cabang GP Ansor Gowa, mendukung penuh dan siap mensukseskan program PP GP Ansor. Kader kami di GP Ansor Gowa, memiliki segenap potensi dari level desa hingga ke provinsi, yang bergerak di semua sektor kehidupan, baik politik, ekonomi,” kata Dg Lewa, sapaan akrab Fatahuddin.

Menurutnya, dengan potensi tersebut, tentunya GP Ansor membutuhkan pengelolaan yang baik.

“Adanya perpaduan antara Ansor dan BNI ini tentu akan membantu para kader Ansor. Semoga program ini akan terus berlanjut dilakukan terkhusus di cabang-cabang untuk berbicara pengembangan UMKM,” jelasnya. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top