search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Dirlantas Polda Sulsel Imbau Warga Tidak Gunakan Pengawalan Liar

doelbeckz - Pluz.id Minggu, 16 Januari 2022 14:00
Kombes Pol Faizal. foto: istimewa
Kombes Pol Faizal. foto: istimewa

PLUZ.ID, MAKASSAR – Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Sulsel tak henti-hentinya mengeluarkan imbauan tertib berlalu lintas.

Termasuk melakukan imbauan dan edukasi terkait siapa yang berhak melakukan pengawalan ambulans dan sejenisnya.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Sulsel, Kombes Pol Faizal, Minggu (16/1/2022), mengatakan, Kepolisian harus menjaga keselamatan semua masyarakat dalam hal ini pengguna jalan secara keseluruhan. Dalam hal pengawalan hanya petugas Kepolisian yang berhak melakukannya.

“Untuk yang mengawal di luar petugas Kepolisian apalagi mengawal ambulans itu termasuk pengawal liar dan pastinya melanggar aturan,” ungkapnya.

Lebih jauh disampaikan, pengawal liar ini tidak dilatih khusus, tidak memiliki kompetensi teknik, dan taktik mengawal secara baik dan aman. Selain itu, tidak menggunakan atribut yang terlihat jelas pengendara atau pengguna jalan lain. Selanjutnya, kendaraan yang mengawal liar tidak memiliki kelengkapan pengamanan dalam pengawalan bagi dirinya dan orang lain.

“Nah, apabila terjadi kecelakaan, baik korban yang mengawal liar tersebut maupun orang lain, siapa yang akan bertanggung jawab?,” ujarnya.

Oleh karena itu, Kombes Pol Faizal memohon para pengemudi ambulans atau penyedia ambulans tidak egois. Mungkin, agar ingin kemudahan pekerjaannya supaya cepat sampai tujuan, tapi justru mengabaikan dan membahayakan keselamatan orang lain.

“Juga pada masyarakat dimohon tidak hanya melihat satu sisi dengan alasan kemanusiaan, tapi lihatlah bahaya yang akan terjadi bila terjadi kecelakaan bagi pengemudi pengawal liar dan orang lain pengguna jalan lain. Jadi sebaiknya jangan menggunakan jasa pengawal liar, tetapi meminta ke Kepolisian dalam hal ini Polisi Patroli dan Pengawalan atau Patwal,” terangnya. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top