search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Dukung IKN, FOKKERMAPI Gelar Kongres Nasional di Kalimantan

doelbeckz - Pluz.id Jumat, 28 Januari 2022 14:00
Arwan Haspri. foto: istimewa
Arwan Haspri. foto: istimewa

PLUZ.ID, MAKASSAR – Forum Komunikasi dan Kerja Sama Mahasiswa Ilmu Pemerintahan Se-Indonesia (FOKKERMAPI) akan menggelar Kongres Nasional 2022 setelah vakum dua tahun.

Kongres ini akan berlangsung di Universitas Tanjung Pura (Untan), Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

Penunjukan Untan sebagai tuan rumah Steering Commite (SC), beberapa waktu lalu, berdasarkan surat keputusan nomor SK.DPP/001/I/2022 Tentang Pengesahan Tuan Rumah Kongres Nasional FOKKERMAPI Tahun 2022.

Koordinator SC, Arwan Haspri, menjelaskan, penunjukan Untan sebagai tuan rumah dilandasi beberapa faktor.

Yang pertama, Untan berada di tengah-tengah wilayah Indonesia yang dimana bisa terjangkau semua daerah.

Kemudian yang kedua, FOKKERMAPI turut mendukung pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke Kalimantan.

“Nah misalnya dari Jawa, Sumatra, Papua, dan lain-lain itu akses ke sana semua ada dan memang di pertengahan,” ungkap Arwan saat meeting zoom dengan anggota FOKKERMAPI, Rabu (26/1/2022).

“Apalagi Ibu Kota Negara sudah pindah ke Kalimantan, tentu ini kita harus dukung bagaimana FOKKERMAPI bisa memberikan sumbangsih terhadap pemindahan ini,” lanjutnya.

Ketiga, lanjut alumni Fisip UIT ini, kampus Untan menyatakan, diri siap melaksanakan kongres tahun ini.

“Awalnya, kan kita komunikasi dulu terus mereka minta waktu, dan akhirnya keputusan Untan siap menggelar kongres,” bebernya.

“Pelaksanaan kongres ini adalah bagian daripada menghidupkan organisasi yang memang kemarin sempat vakum saat kongres di Sinjai, Sulsel tidak selesai,” tambah Arwan melalui keterangan resmi, Jumat (28/1/2022).

Dengan adanya tuan rumah ini, Arwan berharap, seluruh kampus yang mempunyai Jurusan Ilmu Pemerintahan di Indonesia bisa terlibat.

“Harapan kita begitu, kemarin data terakhir sekitar 50 kampus yang bergabung dan semoga bertambah,” harap pria yang akrab disapa Napoleon ini.

Sementara, Dewi Valentine selaku perwakilan Universitas Tanjung Pura mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan sebagai tuan rumah.

“Ucapan terima kasih kepada semuanya terkhusus steering atas penunjukan tuan rumah ini. Bukan hal yang muda, tapi kami akan usahakan yang terbaik.” ujar Dewi.

Terkait jadwal pelaksanaan, mantan Ketua Himapem Untan ini, mengaku, saat ini masih membahas dengan pengurus himpunan dan semua pihak terkait.

“Jadwal kita target sesudah Idul Fitri, tapi tanggal pelaksanaan belum ada, secepatnya kita adakan,” tutupnya.

Untuk diketahui, FOKKERMAPI merupakan organisasi yang menghimpun mahasiswa Jurusan Ilmu Pemerintahan dari seluruh kampus di Indonesia.

Namun, FOKKERMAPI mengalami kevakuman dua tahun lebih setelah kongres di Kabupaten Sinjai pada 2019 lalu tidak selesai dan terhalang pandemi Covid-19 saat akan dilanjutkan. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top