search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Pemkab-DPRD Bulukumba Setujui 3 Ranperda

doelbeckz - Pluz.id Rabu, 03 Agustus 2022 23:57
RAPAT PARIPURNA. Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf (kedua kiri), menghadiri rapat paripurna DPRD Kabupaten Bulukumba dengan dua agenda, yaitu persetujuan bersama tiga ranperda dan penyerahan KUA dan PPAS tahun anggaran 2023 di DPRD Kabupaten Bulukumba, Rabu (3/8/2022). foto: istimewa
RAPAT PARIPURNA. Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf (kedua kiri), menghadiri rapat paripurna DPRD Kabupaten Bulukumba dengan dua agenda, yaitu persetujuan bersama tiga ranperda dan penyerahan KUA dan PPAS tahun anggaran 2023 di DPRD Kabupaten Bulukumba, Rabu (3/8/2022). foto: istimewa

PLUZ.ID, BULUKUMBA – Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf, menghadiri rapat paripurna DPRD Kabupaten Bulukumba dengan dua agenda, yaitu persetujuan bersama tiga Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) dan penyerahan Kebijakan Umum Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (KUA) dan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) tahun anggaran 2023 di DPRD Kabupaten Bulukumba, Rabu (3/8/2022).

Tiga buah ranperda yang disetujui tersebut adalah Ranperda tentang Pengelolaan Keuangan Daerah yang merupakan usulan eksekutif dan dua ranperda inisiatif DPRD, yaitu Ranperda tentang Desa Wisata dan Ranperda tentang Kemudahan Perlindungan Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro.

Kehadiran bupati di Gedung DPRD Kabupaten Bulukumba dalam mengikuti agenda yang dibuat bersama DPRD paling tidak menepis isu bahwa hubungan dua lembaga ini (Pemerintah Kabupaten/Pemkab Bulukumba dan DPRD Kabupaten Bulukumba) tidak harmonis sebagaimana yang menjadi wacana publik beberapa hari terakhir.

Andi Utta, sapaan akrab Andi Muchtar Ali Yusuf, menyampaikan, terima kasih kepada DPRD yang telah mengagendakan rapat paripurna tersebut sebagai langkah konstitusional dalam menetapkan Peraturan Daerah (Perda) serta mengikuti tahapan perencanaan penganggaran daerah.

Jika pun dianggap ada riak-riak dalam hubungan antara DPRD dan eksekutif selama ini, kata Andi Utta, hanyalah perbedaan persepsi saja dalam menafsirkan cara bagaimana berbuat untuk kepentingan masyarakat.

“Hanya persepsi yang berbeda, tujuan sama untuk kepentingan masyarakat,” imbuhnya.

Saat rapat paripurna diskorsing untuk istirahat, bupati menuju ruang Ketua DPRD Bulukumba, Rijal, untuk makan siang bersama. Momentum tersebut kemudian diabadikan dengan foto bersama dengan pimpinan dan sejumlah anggota DPRD Kabupaten Bulukumba.

Pengantar KUA PPAS 2023

Kebijakan keuangan Kabupaten Bulukumba tahun anggaran 2023 secara umum disusun dalam rangka mewujudkan arah kebijakan dalam dokumen perencanaan pembangunan Kabupaten Bulukumba, dan juga merupakan bentuk konsistensi dari fungsi perencanaan dan penganggaran dalam kerangka penyelenggaraan pemerintahan sebagaimana yang menjadi tema Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) 2023, yaitu Pengembangan Daya Tahan Perekonomian Masyarakat dengan Peningkatan Produktivitas Sektor Unggulan Daerah.

Adapun, rencana penerimaan daerah dalam KUA-PPAS Tahun 2023 terdiri atas pendapatan daerah dan penerimaan pembiayaan daerah, dengan nilai pendapatan daerah sebesar Rp1.417.657.705.935,00, penerimaan pembiayaan daerah sebesar Rp65.000.000.000,00.

Sementara rencana belanja daerah sebesar Rp1.473.157.705.935,00 dan pengeluaran pembiayaan sebesar Rp9.500.0000.000,00. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top