search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Pokir Legislator Sulbar HD Jadi Sorotan, Aparat Hukum Diminta Usut

doelbeckz - Pluz.id Senin, 19 September 2022 10:23
Ilustrasi. foto: istimewa
Ilustrasi. foto: istimewa

PLUZ.ID, MAMUJU – Sejumlah item proyek tahun anggaran 2021 dan 2022 yang menjadi usulan program Pokok-pokok Pikiran (Pokir) legislator di DPRD Provinsi Sulbar menjadi sorotan publik. Salah satunya adalah legislator inisial HD.

Berdasarkan data yang ada, pokir legislator HD pada 2021 tercatat antara lain ada pada Dinas Kelautan dan Perikanan Sulbar, yakni pengadaan rompong nelayan masing-masing di Kelurahan Mamunyu, Kecamatan Mamuju, sebanyak sepuluh unit senilai Rp100 juta.

Kemudian ada pula pengadaan serupa sebanyak 20 unit di Desa Sumere, Kecamatan Simboro dan Kepulauan senilai Rp200 juta.

Pokir lain dari legislator HD ini pada 2021 berupa pengadaan kapal bagang jumbo di Kelurahan Bebang, Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju, senilai Rp130 juta.

Pada 2022, pokir yang diusulan HD pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Sulbar, yakni pembukaan sarana jalan tani dan dititipkan pada Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Peternakan.

Masing-masing nilai proyek yang diusulkan berlokasi di Kabupaten Mamuju itu, adalah Rp200 juta dan Rp137 juta.

Sejumlah kalangan menilai pokir ini, berpotensi terjadi tindak pidana penyelewengan, sehingga mendesak aparat penegak hukum untuk mengusut penggunaan anggaran untuk proyek infrastruktur dan pengadaan yang bersumber dari pokir legislator inisial HD tersebut.

“Pokir adalah hak anggota Dewan, tapi kalau terjadi dugaan tindak pidana, maka sudah sewajibnya aparat penegak hukum melakukan penvusutan,” kata aktivis antikorupsi Zulfiadi Muis. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top