search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Porwanas XIII 2022, Menpora: Junjung Tinggi Sportivitas

doelbeckz - Pluz.id Senin, 21 November 2022 23:47
PEMBUKAAN. Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Zainudin Amali mewakili Presiden membuka Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwarnas) XIII 2022 di Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang, Kota Malang, Jawa Timur, Senin (21/11/2022) malam. foto: istimewa
PEMBUKAAN. Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Zainudin Amali mewakili Presiden membuka Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwarnas) XIII 2022 di Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang, Kota Malang, Jawa Timur, Senin (21/11/2022) malam. foto: istimewa

PLUZ.ID, MALANG – Pembukaan Ceremony Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XIII 2022 berlangsung meriah di Gedung Graha Cakrawala, Universitas Negeri Malang, Kota Malang, Jawa Timur, Senin (21/11/2022) malam.

Porwanas dipusatkan di kawasan Malang Raya dengan waktu pelaksanaan 21-27 November 2022.

Dalam even Porwanas kali ini, tercatat ada sepuluh Cabang Olahraga (Cabor) akan dipertandingkan, yaitu atletik, biliard, bridge, bulutangkis, catur, E-sport, futsal, tenis, tenis meja, dan sepak bola. Tidak hanya itu lomba karya tulis jurnalistik serta foto jurnalistik juga akan turut diperlombakan dalam even tahunan ini.

Dalam sambutan Presiden RI Joko Widodo yang diwakili Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali dalam sambutanya menyampaikan permohonan maaf, sebab tidak bisa hadir dikarenakan ada acara kenegaraan yang sudah terjadwal terlebih dahulu.

“Jawa Timur menjadi central Pekan Olahraga Wartawan Nasional XIII 2022 semoga terselenggaranya acara ini menjadi semangat para jurnalis dalam berolahraga dan dapat menjunjung tinggi sportivitas saat bertanding. Untuk para jurnalis berbagai pokja, akan kita buatkan kompetisi olahraga di Kemenpora, mohon dukungan dari semuanya,” kata Zainudin Awali.

Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, Atal Sembiring Depari, dalam sambutannya mengenang saat pernah menjadi atlet. Namun, pada pelaksanaan Porwanas kali ini, betul-betul diikuti wartawan yang memiliki kompetensi ditandai dengan sertifikasi Uji Kompetensi Wartawan (UKW) dari Dewan Pers.

“Untuk menjadi atlet harus punya sertifikasi. Untuk itu, kita berikan support untuk mereka yang bertanding. Hari ini, saya yakin semua atlet akan bermain secara kekeluargaan. Saya mengucapkan terima kasih terhadap Ibu Gubernur (Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawasa) terhadap support acara Porwanas XIII 2022 ini,” katanya.

Sementara, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawasa yang diwakili Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jawa Timur, yang juga Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak menyambut seluruh peserta Porwanas XIII 2022 dengan ucapan selamat datang.

“Selamat datang seluruh peserta Porwanas XIII 2022, selamat berolahraga, selamat bertanding. Nikmati olahraganya dan jangan lupa nikmati wisata Jawa Timur, khususnya Malang Raya. Pada kesempatan ini, saya juga menyampaikan ucapan selamat datang dari Ibu Gubernur Khofifah Indar Parawasa. Beliau sangat mendukung kegiatan Porwanas di Malang Raya. Pernohonan maaf beliau, karena tengah melakukan perjalanan kerja ke sejumlah negara untuk untuk kerja sama ekonomi Jawa Timur,” ujarnya.

Emil saat membawakan sambutan juga menyempatkan memutarkan video sambutan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawasa, yang diputar di layar besar.

Ketua Penyelenggara Porwanas XIII 2022, Lutfi Hakim, menyampaikan, acara ini begitu meriah dihadiri beberapa kontingen wartawan dari berbagai provinsi maupun daerah.

Hal ini ditunjukan keseriusan wartawan memiliki minat yang tinggi terhadap olahraga.

“Sejak 20 tahun yang lalu, minat wartawan olahraga ini cukup tinggi. Jadi ini bukan hanya minat bertanding, tetapi bentuk sportivitas yang tinggi bahwa wartawan ini harus jujur dalam bekerja,” kata Lutfi Hakim.

Sebagai informasi, hingga hari terakhir penutupan pendaftaran, jumlah atlet dan official yang sudah mendaftar dalam Porwanas kali ini sebanyak 2.200 orang dari 35 kontingen dari 34 provinsi seluruh Indonesia plus Solo tempat lahirnya PWI. Mereka akan bertanding di sepuluh cabang olahraga dengan 29 nomor, termasuk karya tulis dan karya foto.

Sermoni pembukaan Porwanas XIII 2022 kali ini, diawali defile seluruh kontingen seluruh Indonesia, temasuk PWI Provinsi Sulsel.

Pembukaan ditandai dengan penekanan tombol oleh Menpora Zainudin Amali didampingi Plt Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak dan Ketua Umum PWI Pusat Atal Sembiring Depari.

Sebagai penutup, aksi heroik menyalakan obor api Porwanas XIII 2022 yang dilakukan wartawan senior, Dahlan Iskan, yang juga mantan Menteri BUMN, dan Penasihat PWI, serta merupakan perintis berdirinya koran Jawa Pos. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top