search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Andi Utta Ajak Kelola Desa Wisata Lebih Kreatif

doelbeckz - Pluz.id Selasa, 22 November 2022 23:11
Andi Muchtar Ali Yusuf. foto: istimewa
Andi Muchtar Ali Yusuf. foto: istimewa

PLUZ.ID, BULUKUMBA – Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf, menyebut, pentingnya inovasi dan kreativitas dalam pengelolaan desa wisata. Oleh karena itu, ia mengajak untuk ‘menarik dompet’ para wisatawan yang berkunjung di Kabupaten Bulukumba.

“Kalau wisatawan hanya liat view dan keindahan alam Bulukumba saja, tapi uangnya tidak dibelanjakan, hasilnya masih belum memuaskan. Itu maksudnya, uang wisatawan harus dibelanjakan di tempat wisata,” kata Andi Utta, sapaan akrab Andi Muchtar Ali Yusuf, dalam sambutannya pada Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata di Ballroom Hotel Agri, Selasa (22/11/2022).

Andi Utta menuturkan, banyak potensi yang bisa dikonversi menjadi uang. Sehingga, pengelola wisata dan masyarakat tak boleh diam, tapi harus berinovasi.

“Konsep wisata ideal itu, bukan hanya menikmati keindahan alam. Tapi juga, harus memaksimalkan semua potensi. Jual potensi karena itu uang,” ujarnya.

Andi Utta menerangkan, langkah awal untuk memaksimalkan potensi itu, melalui promosi wisata yang masif. Apalagi, saat ini, sudah banyak akses yang bisa dimanfaatkan untuk promosi pariwisata.

“Sekarang aksesnya mudah. Tak mesti harus ketemu orang luar lalu menceritakannya. Ada sosmed, seperti youtube, instagram dan lainnya. Dengan begitu, mereka akan tahu potensi-potensi kita,” jelasnya.

Kepala Disparpora Kabupaten Bulukumba, Daud Kahal, menyampaikan, memang tujuan pariwisata untuk bisa menimbulkan multiplier effect. Sehingga, wisatawan harus disuguhi dengan layanan-layanan yang bisa berkesan.

“Dengan demikian, mereka akan merasakan objek wisata yang dikunjungi itu bernilai,” katanya.

Daud Kahal juga menyinggung potensi produk-produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) lokal di tempat wisata. Menurutnya, pemerintah daerah membuat regulasi dan melakukan pembinaan-pembinaan UMKM.

“Semua aspek terkait hal itu, kita akan upayakan untuk menjadi bagian dari pengelolaan kawasan pariwisata,” jelasnya.

Ia berharap, agar desa-desa wisata dapat mengelola potensi desanya untuk bisa menjadi destinasi wisata dengan menyediakan kriteria sesuai yang diterbitkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Desa wisata, tambah Daud Kahal, harus memiliki sarana dan prasarana, seperti home stay, kemudian infrastruktur jaringan internet dan berbagai fasilitas lainnya yang dapat menunjang hadirnya wisatawan.

“Setidaknya desa wisata memiliki tiga kriteria yaitu atraksi, amenitas dan aksesibilitas. Itu yang harus dimiliki, sehingga dapat dijadikan pilihan objek yang bisa dikunjungi wisatawan,” kata Daud Kahal.

Masih di tempat yang sama, Kepala Desa Orogading, Kecamatan Kindang, Nasir, mengemukakan, potensi pariwisata yang ada di desanya dalam tahap pengembangan adalah Bukti Emas Pattoengang.

“Namun, belum ada regulasi khususnya di Bulukumba untuk pengembangan desa wisata melalui dana desa. Sehingga, anggaran pengembangan desa wisata itu, masih bersifat swakelola,” ungkapnya.

Nasir berharap, ke depan ada sentuhan-sentuhan anggaran untuk pengembangan desa wisata tersebut.

“Di Orogading juga ada produk lokal UMKM yang bisa didorong untuk dikembangkan di desa wisata, yaitu Kopi Jahe dan Gula Aren,” jelasnya.

Sekedar diketahui, pelatihan pengelolaan desa wisata dihadiri sekira 80-an orang, terdiri dari camat, kepala desa, Kelompok Sadar Wisata di desa dan kampung wisata di kelurahan. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top