search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Dafe Spices Indonesia Sukses Pasarkan Vanili di Eropa, Ekspor dengan Pesawat Udara

doelbeckz - Pluz.id Senin, 30 Januari 2023 18:00
EKSPOR. Vanila yang diekspor Dafe Spices Indonesia ke pasar Eropa. foto: istimewa
EKSPOR. Vanila yang diekspor Dafe Spices Indonesia ke pasar Eropa. foto: istimewa

PLUZ.ID, MAKASSAR – Vanili adalah jenis tanaman yang kerap dijuluki harta karun atau emas hijaunya Indonesia, karena memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi.

Vanili, atau bahasa latinnya Vanilla Planifolia, merupakan tanaman berdaging tebal dan masuk dalam suku Anggrek-anggrekan (Orchidaceae) yang tak hanya digandrungi di dalam negeri, tapi juga banyak diminati pasar luar negeri.

Salah satu yang kerap mengekspor harta karun vanili dari Indonesia, yaitu Dafe Spices Indonesia, sebuah perusahaan yang didirikan Mr Fed dan Miss Dara, yang sejak 2019 melayani pembelian berbagai komoditas, seperti lada hitam, vanili, kayu manis, kemiri, dan pala berkualitas tinggi dari berbagai negara.

“Mulai 2019 lalu kami sudah melayani permintaan ekspor ke beberapa negara, yaitu Eropa, Timur Tengah, dan Asia. Namun, sejak 2018 kami telah melayani pasar lokal di Indonesia, bekerja sama dengan semua petani di negara ini,” ujar Miss Dara.

Menurutnya, negara yang paling berminat atas Vanilla Beans Indonesia, yaitu Eropa.

“Makanya kami [Dafe Spices Indonesia] selalu mengekspor Vanilla Beans Indonesia ke Eropa. Kualitas ekspor yang telah terjamin membuat pembeli di luar negeri selalu repeat order,” terangnya.

Miss Dara menambahkan, market Vanilla Beans sangat bagus di Eropa dan Dafe Spices Indonesia telah memiliki pelanggan tetap dari negara bagian Eropa sampai beberapa pembeli dari Paris, Prancis.

“Mereka bahkan berencana datang di bulan Februari nanti dan akan mengunjungi serta melihat langsung gudang Dafe Spices Indonesia,” katanya.

Miss Dara melanjutkan, demi menjaga kualitas ekspor, pihaknya melakukan pengiriman Vanilla Beans Indonesia ke luar negeri dengan menggunakan pesawat dengan waktu pengiriman hanya kurang lebih 5-7 hari perjalanan udara.

“Kami memiliki teknik khusus untuk packing, sehingga membuat pembeli khususnya dari pasar Eropa sangat puas dengan pelayanan dan produk kami. Sejauh ini kami tidak pernah mengecewakan mereka,” jelas Miss Dara.

Ia berharap, ke depan akan semakin banyak negara yang mengajukan permintaan ke Dafe Spices Indonesia, terutama Vanilla Beans dan komoditas lainnya. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top