search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Balitbangda Makassar Gelar Rancangan Akhir Kajian Aspek-aspek Sosial

doelbeckz - Pluz.id Jumat, 08 Desember 2023 22:00
Andi Bukti Djufrie. foto: istimewa
Andi Bukti Djufrie. foto: istimewa

PLUZ.ID, MAKASSAR – Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kota Makassar menggelar Rancangan Akhir Kajian Aspek-aspek Sosial dengan judul Analisis Akar Masalah Kerawanan Sosial, Kamis (7/12/2023).

Diketahui penelitian ini, dikoordinatori Sawedi Muhammad, Prof Suparman Abdullah, dan Suryanto Arifin.

Kepala Balitbangda Kota Makassar, Andi Bukti Djufrie, menjelaskan, kegiatan ini diselenggarakan sebagai bagian dari upaya mendukung pelaksanaan program prioritas Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar. Khususnya dari sisi riset dan kajian agar program berjalan terarah dan tepat sasaran.

“Dengan adanya pelaksanaan kajian yang berkualitas, kita dapat mengidentifikasi masalah-masalah yang dihadapi oleh masyarakat kita, mencari solusi yang inovatif, dan merencanakan langkah-langkah untuk memajukan kualitas hidup warga kota Makassar,” kata Andi Bukti.

Agenda Rancangan Akhir penelitian ini, berjudul Analisis Akar Masalah Kerawanan Sosial di Kota Makassar, kata Andi Bukti, mencerminkan komitmen kita dalam mendukung penyelesaian konflik-konflik sosial yang ada di Kota Makassar.

“Dalam konteks inilah perlu dikaji usaha-usaha membangun dan merawat harmoni sosial yang ada selama ini, sekaligus mencari alternatif baru yang lebih mengena dan berbasis realitas sosial yang aktual dalam masyarakat,” jelasnya.

Lebih jauh, kata mantan Camat Panakkukang ini, penyebab yang sangat sederhana sebagaimana dipersepsikan banyak kalangan, dan belum tentu pula sama masalah yang dihadapi antara tiap daerah. Oleh karena itu, dipandang perlu pengkajian dalam rangka memetakan kondisi kerawanan sosial masyarakat di kawasan-kawasan yang penduduknya heterogen termasuk di Kelurahan Bunga Eja Beru Kecamatan Tallo Kota Makassar.

“Kita apresiasi kegiatan yang telah dilakukan seluruh panitia Balitbangda Kota Makassar dengan melakukan tahapan sebagai sebuah proses ilmiah yang menjadi ciri khas sebuah penelitian,” ungkapnya.

“Kajian seperti ini adalah tempat yang ideal untuk berbagi ide, pengalaman, dan best practice. Saya berharap bahwa hasil diskusi hari ini akan menghasilkan gagasan dan rekomendasi yang konstruktif untuk Kota Makassar,” tambahnya.

Pada kesempatan itu, Andi Bukti mengingatkan peserta akan pentingnya kerja sama antara pemerintah, sektor swasta, akademisi, dan masyarakat umum dalam memajukan Kota Makassar.

“Kami berharap acara ini akan memberikan wawasan yang berharga, memotivasi tindakan lanjutan, dan membangun jaringan kolaborasi yang kuat di antara kita semua,” pungkasnya. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top