search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Pemkab Maros Aktifkan Satgas Kesehatan Pemilu 2024

doelbeckz - Pluz.id Kamis, 15 Februari 2024 23:57
PENINJAUAN. Bupati Maros, HAS Chaidir Syam, bersama unsur Forkopimda Kabupaten Maros turun langsung meninjau salah satu posko Kesehatan Pemilu di Kantor Kecamatan Lau, Maros, Rabu (14/2/2024). foto: istimewa
PENINJAUAN. Bupati Maros, HAS Chaidir Syam, bersama unsur Forkopimda Kabupaten Maros turun langsung meninjau salah satu posko Kesehatan Pemilu di Kantor Kecamatan Lau, Maros, Rabu (14/2/2024). foto: istimewa

PLUZ.ID, MAROS – Guna meningkatkan pelayanan kesehatan, khususnya menjaga kesehatan petugas Pemilu dalam pelaksanaan Pesta Demokrasi 2024, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maros menyediakan Satgas Kesehatan Pemilu.

Satuan Gagasan Kesehatan Pemilu ini, tersedia di 18 Posko Kesehatan yang masing-masing bertempat di Kantor Camat setempat, UPTD Puskesmas, dan Rumah Sakit.

Peran petugas kesehatan menjadi faktor penting sebagai langkah antisipasi kasus kesakitan dan kematian pada penyelenggaraan Pemilu 2024, mengingat tingginya angka Kematian petugas Pemilu pada Pemilu 2019 lalu.

Bupati Maros, HAS Chaidir Syam, bersama unsur Forkopimda Kabupaten Maros yang turun langsung meninjau salah satu posko Kesehatan Pemilu di Kantor Kecamatan Lau.

Chaidir mengaku, adanya posko kesehatan Pemilu ini, sebagai bentuk perhatian dan apresiasi Pemkab Maros kepada para petugas Pemilu yang telah bekerja secara maksimal.

“Kami bersama untuk Forkopimda Kabupaten Maros mengantisipasi menjaga dan menguatkan fisik petugas Pemilu melalui posko kesehatan Pemilu, Jadi nanti para Petugas Pemungutan Suara (PPS) setelah menyerahkan logistik ke PPK langsung di skrining kesehatan Satgas Kesehatan Pemilu, jika ada keluhan petugas Satgas Kesehatan akan memberikan suplemen dan susu murni atau obat jika diperlukan,” jelasnya.

Posko Kesehatan Pemilu ini, telah berjalan sejak 14 Februari, sudah 200 Petugas Pemilu yang diskrining dan segera ditangani Satgas Kesehatan Pemilu. Selain itu, mobil ambulance sudah siap sedia di tiap-tiap posko kesehatan agar mengantisipasi jika terjadi kemungkinan terburuk.

Tidak hanya itu, bupati juga menyampaikan, Pemkab Maros telah menganggarkan perawatan VIP di rumah sakit melalui program UHC bagi petugas yang mendapatkan penanganan lebih lanjut.

“Jika terdapat gejala berat langsung dirujuk ke rumah sakit atau puskesmas dengan pelayanan VIP, Posko Kesehatan ini 1×24 jam dan akan berlangsung sampai semua logistik dikirim ke KPU Kabupaten dan Provinsi,” ungkapnya.

Bupati berharap, dengan posko ini mampu memberikan pelayanan kesehatan bagi petugas Pemilu yang telah berpeluh menjaga hasil Pemilu.

Hal ini dilanjutkan Kepala Polres Maros, AKBP Awaluddin, tim Satgas Kesehatan Pemilu ini, gabungan dari Dinas Kesehatan, Polisi dan TNI. Rencana penanganan kesehatan ini akan berlangsung hingga penyerahan logistik tuntas.

Sementara, Petugas PPK, Muhammad Syarifusdin, merasa bersyukur dan berterimakasig dengan adanya bantuan dari Pemkab Maros yang telah peduli pada kesehatan para petugas Pemilu.

“Tadi saya diskrining kesehatab tensi, riwayat penyakit setelah itu saya diberikan vitamin, susu, dan permen,” tutupnya. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top