search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Rudianto Lallo Amankan Kursi DPR RI Dapil Sulsel 1

Suara Nasdem Capai 284.858 Suara
doelbeckz - Pluz.id Kamis, 22 Februari 2024 20:19
Rudianto Lallo. foto: istimewa
Rudianto Lallo. foto: istimewa

PLUZ.ID, MAKASSAR – Ketua DPRD Kota Makassar, Rudianto Lallo, berpeluang besar lolos ke DPR RI. Pasalnya, perolehan suara Nasdem diklaim sudah tembus 284.858 suara pada Pemilihan Legislatif (Pileg) atau Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Data tersebut direkap dari 9.144 C plano yang dikumpulkan tim internal Rudianto Lallo per 21 Februari 2024. Artinya, masih ada 329 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang belum direkap C plano-nya.

Ketua Tim Pemenangan Anak Rakyat Rudianto Lallo, Susuman Halim, menjelaskan, jika 284.858 dibagi tiga, maka kemungkinannya berdasarkan data yang masuk, Rudianto Lallo di angka 94.952.

“Kelihatannya, karena ini konsisten dengan data awal kita, masih ada 319 TPS yang belum kami dapatkan C Plano-nya. Jadi kelihatannya, buruk-buruknya, sisa kursi Nasdem angka 92 ribu menuju 100 ribu,” kata Sugali sapaan akrab Susuman Halim, Rabu, (21/2/2024).

Dengan angka itu, Sugali mengaku, sangat optimistis kursi ke-7, bahkan ke- 6 bisa menjadi milik kursi kedua Nasdem.

“Dan itu bisa dilihat dari grafik Sirekap KPU. Peraih suara terbesar untuk dapil Sulsel 1 kelihatannya, dua-duanya dari caleg Nasdem,” katanya.

Per kemarin, suara caleg nomor urut 1 Fatmawati Rusdi disebut sudah tembus 103 ribu. Kemudian, Rudianto Lallo sudah di angka 98 ribu menuju 99 ribu.

Sehingga, kata Sugali, secara hitung-hitungan, kalau dua caleg ini sudah tembus 200 lebih, berarti kursi kedua relatif menjadi milik dari Nasdem.

Rudianto Lallo sebagai pendatang baru, menurutnya, adalah suatu kejutan yang luar biasa karena perolehan suaranya itu di atas petahana-petahana yang bertarung di Daerah Pemilihan (Dapil) Sulsel 1.

“Itu data perbandingan, karena Sirekap tidak di-update secara baik untuk dapil 1,” beber Sugali kepada wartawan.

Sebelumnya, Ketua Komisi Saksi Nasdem, Mario David, bahkan telah mengklaim, berdasarkan rekap internal Nasdem Makassar dari C1 plano, perolehan suara Nasdem telah mencapai 314.000.

Angka itu, Nasdem sudah mengamankan dua kursi di Dapil Sulsel 1.

Dua tokoh Nasdem, Fatmawati Rusdi dan Rudianto Lallo disebut meraih suara terbanyak.

“Itu berdasarkan rekap C1 plano yang dikumpulkan internal Nasdem,” ujar anggota DPRD Makassar itu. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top