search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Andi Utta Tarawih Pertama di Masjid ICDT Bulukumba

Panitia ICDT Siapkan Doorprize bagi yang Rajin Salat Tarawih
doelbeckz - Pluz.id Selasa, 12 Maret 2024 15:14
Andi Muchtar Ali Yusuf. foto: istimewa
Andi Muchtar Ali Yusuf. foto: istimewa

PLUZ.ID, BULUKUMBA – Umat Islam kembali dipertemukan dengan Bulan Suci Ramadan, bulan yang diwajibkan kaum muslimin untuk berpuasa.

Pemerintah Indonesia melalui sidang Isbat Kementerian Agama menetapkan 1 Ramadan jatuh pada 12 Maret 2024, meski sudah ada sebagian kalangan umat muslim, seperti ormas Muhammadiyah yang melaksanakan puasa Ramadan, Senin (11/3/2024).

Untuk Salat Tarawih pertama, Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf, memilih Masjid Islamic Center Dato Tiro (ICDT) Bulukumba dalam menunaikan salat sunat yang hanya dilaksanakan dalam Ramadan ini.

Usai Salat Isya berjemaah, Andi Utta bersama ratusan jemaah lainnya melaksanakan Salat Tarawih delapan rakaat dan witir tiga rakaat, Senin (11/3/2024) malam.

Pengurus Masjid ICDT, Andi Mappiwali, dalam laporannya menyampaikan, beberapa hal terkait Amaliah Ramadan di Masjid ICDT, diantaranya, Salat Tarawih berjemaah dilaksanakan setelah Salat Isya. Ceramah Ramadan dilaksanakan setiap malam setelah Salat lsya selama 15 menit dan dilanjutkan setelah Salat Subuh selama 20 menit.

Dikatakan, Salat Tarawih tahun ini dipimpin tiga Imam secara bergantian sepuluh hari pertama, sepuluh hari kedua, dan sepuluh hari ketiga, yakni Ustaz Abdul Khaliq (Khatam Al Qur’an 30 juz), Ustadz Kamsuddin dan Ustaz KM Riswan Bohari.

“Salat Tarawih ada duaz yakni Tarawih 20 rakaat dan Tarawih delapan rakaat. Bagi jemaah yang melaksanakan Tarawih delapan rakaat dilanjutkan dengan witir, kemudian setelah itu dilajutkan kembali dengan Saalat Tarawih 20 rakaat,” ungkap Mappiwali.

Pada kegiatan Amaliah Ramadan ini, Masjid ICDT juga membuka kegiatan Pasar Ramadan di lantai dasar, dan akan berakhir tiga hari sebelum Hari Raya Idulfitri.

Pada Pasar Ramadan ini, diharuskan seluruh pedagang dan jemaah menghentikan seluruh aktivitas jual belinya pada saat azan mulai dikumandangkan dan dilanjutkan kembali setelah pelaksanaan salat berjemaah.

“Insya Allahz kami juga akan menyiapkan doorprize bagi jemaah yang rajin melaksanakan Salat Tarawih di lCDT dengan menyetor fotocopy KTP (Kartu Tanda Penduduk) setiap malam, dimulai pada malam ke-11 sampai akhir Ramadan. Dan yang berhak mendapatkan kupon undian, yaitu jemaah yang kehadirannya minimal 15 hari dari hari ke-11 sampai hari ke-30,” ungkapnya.

Sementara, Bupati Andi Utta mengajak kaum muslimin bersyukur, karena kembali dipertemukan dengan Ramadan, bulan yang penuh berkah dan kemuliaan.

“Oleh karena itu, mari kita menyambut Bulan Suci Ramadan ini, dengan penuh suka cita dan memperbanyak ibadah,” imbuhnya.

Untuk menghormati kesucian Ramadan, Andi Utta mengimbau seluruh pihak untuk menjauhkan segala aktivitas yang menodai ibadah puasa, seperti tidak melakukan aktivitas yang dapat mengganggu ketenteraman di lingkungan sekitar, seperti balapan liar, penggunaan petasan, dan lain sebagainya.

Ia juga berharap, pada momentum Ramadan ini, agar senantiasa memupuk persaudaraan, kebersamaan antar warga, meningkatkan empati dan kepedulian sosial kepada masyarakat yang kurang mampu dan masih membutuhkan bantuan.

“Saya juga berharap bahwa masyarakat Bulukumba dapat menampakkan citra sebagai orang yang memegang teguh akan nilai budaya dan agama dan berkomitmen melaksanakan nilai-nilai kebaikan dalam kehidupan sehari-hari,” ungkapnya.

Untuk diketahui, sebagaimana tahun tahun sebelumnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulukumba akan menggelar Safari Ramadan di sepuluh kecamatan. Safari Ramadan akan dimulai pada hari Rabu 13 Maret 2024 di Desa Balong Kecamatan Ujungloe. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top