search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Safari Ramadan Pemkab Bulukumba, Andi Utta Sampaikan Capaian Pembangunan

doelbeckz - Pluz.id Kamis, 14 Maret 2024 10:00
Andi Muchtar Ali Yusuf. foto: istimewa
Andi Muchtar Ali Yusuf. foto: istimewa

PLUZ.ID, BULUKUMBA – Bulan Ramadan tahun ini kembali bersua. Sesuai Sidang Isbat Pemerintah melalui Kementerian Agama, 1 ramadan 1445 hijriah jatuh pada Selasa, 12 Maret 2024 lalu.

Di hari kedua Ramadan, 13 Maret 2024, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulukumba mulai menggelar Safari Ramadan bersama jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Kabid Humas Diskominfo Kabupaten Bulukumba, Andi Ayatullah Ahmad, menyampaikan, Safari Ramadan untuk hari pertama dilaksanakan di Desa Balong Kecamatan Ujungloe.

Lebih lanjut dikatakan, sejak era pemerintahan Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf, Safari Ramadan tidak lagi dibagi dalam dua tim seperti tim 1 dan tim 2 yang masing-masing tim dipimpin bupati dan wakil bupati, sehingga dengan demikian bupati dan wakil bupati akan hadir di sepuluh kecamatan.

Sebagaimana biasanya Safari Ramadan diawali dengan buka puasa bersama kemudian dilanjutkan Salat Magrib dan Isya serta Tarawih berjemaah di masjid salah satu desa/kelurahan yang ditunjuk.

Di masjid (lokasi Safari Ramadan), Pemkab Bulukumba menyerahkan bantuan pembangunan masjid secara simbolis, begitu pula bantuan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Bulukumba yang akan memberikan bantuan atau insentif kepada guru mengaji tradisional, marbot masjid dan warga prasejahtera.

Dalam sambutannya Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf, menyampaikan rasa syukur, karena kembali dipertemukan dengan Bulan Suci Ramadan, bulan penuh rahmat dan ampunan.

“Momentum Ramadan ini kita memanfaatkan untuk melaksanakan kegiatan Safari Ramadan sebagai wadah silaturrahmi antara masyarakat dengan jajaran pemerintah daerah, unsur DPRD dan Forkopimda,” ungkap Andi Utta di Masjid Arrayyan, Dusun Longki, Desa Balong.

Andi Utta menyampaikan terima kasih kepada masyarakat dan semua pihak yang telah mendukung dan membantu, sehingga pelaksanaan Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) yang lalu berjalan dengan lancar, aman, dan damai.

Pada kesempatan tersebut, Andi Utta juga menyampaikan sejumlah capaian pembangunan selama tiga tahun terakhir, misalnya pembangunan Gedung Pinisi, pembangunan Mal Pelayanan Publik, dan penataan Pantai Merpati.

“Pembangunan Dermaga Kolam Labuh yang tahun ini akan dilanjutkan dengan pembangunan brakewater, sehingga kapal kapal nelayan bisa berlabuh kapan saja,” ungkap Andi Utta.

Selain itu, Pasar Sentral dan Pasar Tanete untuk tahap pertama juga sudah dikerjakan dan tahun ini akan dirampungkan.

Berikut beberapa capaian penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan lainnya:
• Pembangunan Pusat Industri Tenun Bira
• Revitalisasi Stadion Mini dan Lapangan Tenis Tanjung Bira
• Revitalisasi Pesanggrahan dan Lapangan Tenis Tanete
• Anggaran peningkatan jalan tahun 2023 sebesar Rp131,6 miliar dan tahun ini kita akan kerjakan ruas Ulutedong- Bontorannu
• Pembangunan jaringan irigasi dengan beton pracetak
• Pembangunan Pelabuhan Lembang Keke Kajang untuk menunjang perhubungan laut
• Program bibit unggul dengan ratusan ribu bibit yang telah dibagikan, baik melalui APBD, dana desa, maupun dari CSR Amaly Group
• Pembagian rumpon dan keramba rumput laut
• Pengoperasian layanan Rumah Sakit Pratama Tanete
• Bulukumba kembali meraih opini WTP yang kedua kalinya
• Bulukumba menerima Piala Adipura tahun 2022 dan 2023. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top