search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

SMAN 1 Makassar Jaga Integritas PPDB 2024, Lakukan Verifikasi Faktual Jalur Prestasi

doelbeckz - Pluz.id Kamis, 27 Juni 2024 13:00
PPDB. Kepala SMAN 1 Makassar, Sulihin Mustafa, memantau langsung proses pelaksanaan PPDB 2024 jalur prestasi SMAN 1 Makassar, Rabu (26/6/2024). foto: istimewa
PPDB. Kepala SMAN 1 Makassar, Sulihin Mustafa, memantau langsung proses pelaksanaan PPDB 2024 jalur prestasi SMAN 1 Makassar, Rabu (26/6/2024). foto: istimewa

PLUZ.ID, MAKASSAR – Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jalur prestasi di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Makassar berjalan lancar. Proses berjalan mulai pendaftaran Rabu (19/06/2024) hingga verifikasi faktual Kamis (27/06/2024).

“Pendaftar membludak dengan mencapai 283 calon siswa dengan kuota yang disiapkan 54,” ujar Nurlayla, Verifikator SMAN 1 Makassar, saat ditemui media di Ruang Verifikasi PPDB SMAN 1 Makassar, Kamis (27/6/2024).

Nurlayla yang juga merupakan tim kurikulum SMAN 1 Makassar ini, menyampaikan, dalam proses penerimaan jalur prestasi telah dilakukan sesuai prosedur yang tertera dalam petunjuk teknis PPDB 2024. Dimana pada jalur prestasi ini, ada akademik dan non akademik.

Prestasi akademik, perempuan yang merupakan Guru Sosiologi ini, menjelaskan, proses verifikasinya dilakukan dengan melihat berkas prestasi akademik yang dibuktikan dengan nilai rapor dan prestasi bidang akademik lainnya. Semua berkas asli yang dilengkapi dengan akta kelahiran dan kartu keluarga.

Lalu prestasi non akademik, salah satunya dari bidang olahraga. Dilihat dari prestasi juara I, II, dan III. Prestasinya baik yang berjenjang maupun tidak.

“Semua kelengkapan ini terlebih dahulu diverifikasi di bagian administrasi, setelah itu baru verifikasi faktual,” jelasnya.

“Semua berkas dibawa calon peserta didik dan didampingi orang tua,” tambahnya.

Untuk non akademik, dilakukan verifikasi faktual dengan memanggil orang yang ahli dalam bidangnya. Misalnya prestasi olahraga karate, dihadirkan atlet dan profesional dalam bidang itu.

Ketua Panitia PPDB SMAN 1 Makassar, Mustari, menambahkan, proses PPDB di SMAN 1 Makassar berjalan sesuai petunjuk teknis. Serta tidak ada kendala berarti, baik dari calon peserta didik maupun dari operator.

“Dari seluruh jalur, jalur prestasi menjadi yang terakhir dan telah dilaksanakan sesuai petunjuk teknis, hingga hari ini (27/06/2024, red) telah dilakukan verifikasi faktual,” bebernya.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan ini, menyampaikan, pendaftar tahun ini di SMAN 1 Makassar cukup meningkat. Termasuk di jalur prestasi yang mencapai 283 calon siswa ini, untuk memenuhi kuota 54.

Pendaftar keseluruhan jalur 2.150, sementara untuk kuota 360. Kuota berdasarkan pembagian jalur zonasi, afirmasi, dan perpindahan orang tua 306. Lalu jalur prestasi 54 orang.

Seluruh jalur yang telah dibuka mulai, zonasi, afirmasi, perpindahan tugas orang tua, dan terakhir prestasi.

“Sesuai aturan yang ada dalam Petunjuk Teknis PPDB SMA/SMK/SLB Provinsi Sulsel Tahun Ajaran 2024/2025 dari Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Sulsel, maka jalur prestasi ini kita melakukan verifikasi faktual atas keterangan prestasi yang dilampirkan, seperti sertifikat prestasi akademik dan non akademik,” ujar Sulihin Mustafa, Kepala SMAN 1 Makassar, Kamis (27/06/2024).

Sulihin mengatakan, panitia PPDB juga melakukan verikasi secara seksama untuk persyaratan lainnya, seperti akta lahir, kartu keluarga (barcode aktif), dan rapor semester 1-5.

“Termasuk harus menandatangani pakta integritas yang ditandatangani orang tua calon peserta didik. Ini semua dilakukan demi menjaga integritas panitia dan PPDB,” tegasnya.

“Sejak awal kita tekankan kepada panitia PPDB, agar senantiasa menjaga integritas. Baik, saat PPDB jalur afirmasi, perpindahan orang tua/wali, dan zonasi hingga jalur prestasi saat ini,” tuturnya. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top