search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Pandemi Covid-19 Astragraphia Tetap Service Pelanggan

doelbeckz - Pluz.id Kamis, 02 Juli 2020 15:17
Suhardi. foto: pluz.id
Suhardi. foto: pluz.id

PLUZ.ID, MAKASSAR – Pandemi virus corona (Covid-19) memang berdampak kepada semua sektor perekonomian. Termasuk bisnis percetakan.

Hal ini berefek terhadap bisnis Astragraphia Makassar, yang fokus pada cetak warna.

Brand Manager Astragraphia Makassar, Suhardi, Kamis (2/7/2020), mengatakan, di tengah kondisi pandemi saat ini, Astragraphia tetap mempertahankan service kepada pelanggan yang ada.

“Tidak dapat dipungkiri pandemi ini, berdampak besar terhadap semua sektor ekonomi, termasuk bisnis percetakan, namun kami tetap menjaga service kepada seluruh pelanggan yang ada,” jelasnya.

Suhardi mengungkapkan, sejumlah pendekatan dilakukan untuk mempertahankan dan menjaga pelanggan.

“Kami di Astragraphia mempertahankan pelanggaan yang ada. Seperti dengan selalu Care atau perhatian. Yaitu, pertama, mengerti kondisi pelanggan dan tagihan-tagihan yang ada dilakukan penyesuaian. Kedua, memberikan informasi atau peluang bisnis yang bisa dijajaki para konsumen di tengah kondisi pandemi saat ini,” terangnya.

“Komunikasi dengan pelanggan dilakukan dengan melalui virtual dan Web Seminar (Webinar) yang rutin dilakukan. Cara ini dilakukan, karena sistem berkunjung dibatasi,” tambahnya.

Suhardi pada kesempatan ini, mengakui, akibat pandemi ini, sejumlah agenda Astragraphia terhambat.

“Banyak produk dan inovasi Astragraphia yang terhambat. Seperti launching produk baru dan inovasi produk yang harus tertunda,” terangnya.

“Astragraphia itu, bisnis cetak warna. Jadi tentunya banyak varian dan inovasi baru yang disiapkan. Apalagi, tiap tahun ada varian baru kita perkenalkan,” katanya.

Suhardi mengungkapkan, launching produk dan inovasi baru akan dilakukan jika kondisi sudah memungkinkan.

“Kita akan menyesuaikan dengan New Normal, seharusnya semester II ini, sudah bisa dilaksanakan perkenalan produk dan inovasi baru yang dimiliki, tetapi masih banyak daerah yang menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Terutama di Jakarta yang masih melakukan penyesuaian PSBB,” bebernya.

“Apalagi, masih dilakukan pembatasan atau rolling karyawan yang masuk berkantor, termasuk di Makassar. Jika, Juli grafik pandemi mulai menurun, Insya Allah, Agustus, September sudah bisa dilakukan. Roda ekonomi harus terus berputar,” tambahnya. (***)



Berita Terkini Lainnya


To top