search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

FSH UIM-Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel Bangun Kemitraan

doelbeckz - Pluz.id Sabtu, 11 Juli 2020 10:15
AUDIENSI. Rombongan Dekan Fakultas Sastra dan Humaniora (FSH) Univeritas Islam Makassar (UIM) Muh Firis saat audiensi dengan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel Hasan, Jumat (10/7/2020). foto: istimewa
AUDIENSI. Rombongan Dekan Fakultas Sastra dan Humaniora (FSH) Univeritas Islam Makassar (UIM) Muh Firis saat audiensi dengan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel Hasan, Jumat (10/7/2020). foto: istimewa

PLUZ.ID, MAKASSAR – Dekan Fakultas Sastra dan Humaniora (FSH) Univeritas Islam Makassar (UIM), Muh Firis, menjajaki kerja sama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulsel.

“Dengan terbitnya izin jurusan perpustakaan pada September 2019 lalu, maka pada tahun ajaran ini kami membuka kelas regular dan kelas executive bagi mereka yang bekerja. Kami juga menggunakan sistem pembelajaran modern. Untuk menguatkan jurusan ini, maka kami menawarkan kerja sama kemitraan dengan Perpustakaan Sulsel,” kata Firis saat audiensi dengan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel Hasan, Jumat (10/7/2020).

Firis menjelaskan, jalinan kemitraan yang akan dilaksanakan antara lain mitra dalam pengembangan jurusan perpustakaan dan riset yang berkaitan dengan peningkatan mutu mahasiswa keluaran keperpustakaan.

“Kita akan membuat perpustakaan berbasis digital. Dimana kita akan bersama-sama menggaet tenaga-tenaga perpustakaan di daerah-daerah di Sulsel, termasuk mereka yang mengelola perpustakaan desa untuk dibawa belajar dan kuliah teknik mengelola perpustakaan modern di Prodi Perpustakaan UIM,” jelasnya.

Firis mengungkapkan, dengan biaya kuliah yang cukup terjangkau bagi semua kalangan masyarakat, yakni kelas regular Rp1 juta dan kelas executive Rp1,5 juta, para mahasiswa yang kuliah di Prodi Perpustakaan UIM bukan hanya diajarkan teori, tetapi langsung praktek di lapangan dengan bimbingan langsung praktisi perpustakaan yang berpengalaman dari jajaran perpustakawan andal di Sulsel.

“Kami optimistis ke depan peluang kerja lulusan ilmu perpustakaan masih terbuka lebar bukan hanya di perkotaan juga di perpustakaan desa,” lanjut mantan Wakil Dekan 1 Fakultas Agama UIM itu.

Sementara,.Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Sulsel Hasan, menyambut baik usulan Dekan FSH UIM.

“Kami sangat senang dengan adanya usulan semacam ini. Kita bisa bermitra dalam bentuk kerja sama yang resmi. Kita buat MoU (Memorandum of Understanding) agar ada payung hukum yang mengikat. Saya yakin dan percaya kalau ini bisa kita wujudkan dalam waktu dekat maka pengembang perpustakaan di Sulsel akan cepat dan literari di Sulsel akan lebih baik,“ kata Hasan.

Mantan Kepala Samsat Makassar itu, juga siap membantu dan men-support agenda pengembangan Jurusan Ilmu Perpustakaan UIM.

“Saya akan upayakan sejumlah tenaga pustakawan di lingkup dinas wilayah dan kabupaten kota untuk belajar di Jurusan Perpustakaan UIM. Karena saat ini banyak tenaga yang kerja di perpustakaan belum dan bukan sarjana perpustakaan dan tidak berlatarbelakang ilmu perpustakaan,” ungkapnya.

Dalam pertemuan yang dihadiri sejumlah kepala bagian dan kepala bidang, serta petinggi di lingkup FSH UIM dan Kepala Perpustakaan UIM tersebut, disepakati berbagai putusan yang ditetapkan akan ditindaklanjuti dalam bentuk MoU di tingkat universitas. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top